Kadisos NTB Diminta Perhatikan TKSK Sumbawa

oleh -4 views
Kadisos NTB dan TKSK Sumbawa

SUMBAWA BESAR, SR (30/11/2016)

Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Nusa Tenggara Barat, Ahsanul Khaliq Alhaq menyempatkan waktu bersilaturrahmi dengan seluruh Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kabupaten Sumbawa, Senin (28/11) kemarin. Didampingi Kabid Banjamsos Provinsi dan Kabid Banjamsos Dinas Sosial Sumbawa, Ahsanul mengatakan, bahwa TKSK perpanjangan tangan serta ujung tombak dari Kementerian Sosial, Dinas Sosial Provinsi maupun Dinas Sosial Kabupaten/Kota di lapangan. Karenanya Ia meminta komitmen kepada TKSK untuk bersungguh-sungguh menjalankan kegiatannya dalam melakukan pendataan dan pendampingan terhadap Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Lebih lanjut pejabat yang sebelumnya memulai karir PNS di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa ini berharap agar kegiatan pendampingan di Dinas Sosial dapat dilakukan oleh TKSK. Sebut saja TKI bermasalah. Kewenangan pendampingan ke depan diserahkan sepenuhnya kepada TKSK. Demikian dengan kegiatan yang dilakukan TKSK harus lebih kongkrit seperti penyerahan kursi roda bagi penyandang disabilitas. “TKSK yang menyerahkannya kepada penerima,” kata mantan Kadisos Mataram.

Sementara itu TKSK Lopok, Jhon Kenedi, M.Pd menyebutkan jumlah TKSK di Kabupaten Sumbawa 24 orang. Dalam perkembangannya sejak dibentuk Tahun 2009 melalui SK Kementerian Sosial RI telah banyak kegiatan yang telah dilakukan termasuk verifikasi dan validasi data Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI-JK). Karenanya Ia berharap kepada instansi terkait dapat memperhatikan keberadaan TKSK. “Kami belum memiliki sekretariat termasuk menganggarkan biaya operasional selama TKSK melaksanakan aktivitasnya di lapangan,” pintanya. (JK/SR)

No More Posts Available.

No more pages to load.