Antisipasi Krisis Air “Wanasari Labangka” Programkan Save Mata Air

oleh -7 views
Kegiatan Penanaman Pohon di sekitar Mata Air oleh Muspika & Anggota Kelompok Wana Sari

SUMBAWA BESAR, SR (30/11/2016)

Kelompok Mata Air (KMA) Wana Sari Desa Jaya Makmur Kecamatan Labangka telah memprogramkan kegiatan “Save Mata Air untuk Kehidupan” melalui kegiatan penghijauan beberapa hari yang lalu. Hadir unsur muspika kecamatan Labangka di antaranya camat, kapolsek, babinsa, KUPT KPH Jaran Pusang dan siswa SMP Negeri 1 Labangka serta masyarakat Dusun Mekar Jaya, Desa Jaya Makmur.

Sekretaris Kelompok Mata Air Wana Sari, I Made Kerta, S.Pd, menyampaikan program save mata air merupakan salah satu bentuk kerjasama antara pihaknya selaku pengelola Kelompok Mata Air Wana Sari yang beranggotakan 32 orang dengan Badan Penanaman Modal dan Lingkungan Hidup (BPM-LH) Kabupaten Sumbawa. Pihaknya telah memberikan bantuan bibit 2.500 pohon, terdiri dari 800 pohon beringin, 800 kemiri dan 900 bibit rima. “Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyukseskan save mata air ini. Ini sebagai bentuk kita menjaga lingkungan untuk kehidupan kita semua,” kata Pemuda Pelopor Provinsi 2014.

I Made Kerta, S.Pd, sedang melakukan Penanaman
I Made Kerta, S.Pd, sedang melakukan Penanaman

Sebelumnya Kecamatan Labangka kerapkali mengalami krisis air bersih terutama untuk kebutuhan rumah tangga. Dengan mata air ini yang dihubungkan ke rumah warga melalui kegiatan swadaya, diharapkan masyarakat setempat tidak lagi kesulitan air bersih. “Kami hanya berharap masyarakat di sekitar mata air jangan lagi menebang pohon sembarangan karena dengan satu pohon sangta berarti bagi kehidupan kita,” demikian Made akrab guru SDN Jaya Makmur ini disapa.

Baca Juga  Tetapkan PT BHJ Bersalah, SBSI KSB: Ini Sejarah !

Muhammad Nur mewakili Camat Labangka menyampaikan apresiasi atas program Save Mata Air yang diinisiasi Kelompok Mata Air Wana Sari ini. Kegiatan tersebut dinilai memberikan manfaat bagi masyarakat guna pemenuhan kebutuhan konsumsi air bersih. Karenanya dia berharap kegiatan itu tidak hanya sebatas menanam tapi harus dipelihara sehingga dapat menyimpan air dan kembali munculnya mata air yang lain. (JK/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb