Info untuk CTKI: Saudi Tutup, Kecuali Abu Dhabi

oleh -97 views
Kabid Penta Disnakertrans Sumbawa,Zainal Arifin M.Si memberikan pembekalan kepada para CTKI Sumbawa

PT Abdilah Putra Tamala Satu-satunya yang Memberangkatkan

SUMBAWA BESAR, SR (29/11/2016)

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa mengingatkan masyarakat khususnya di daerah ini untuk tidak terbuai dengan bujuk rayu oknum sponsor yang menawarkan menjadi TKI ke Saudi Arabia. Pasalnya hingga kini permintaan tenaga kerja Indonesia di negara kaya minyak tersebut ditutup. Satu-satunya yang buka adalah Abu Dhabi. Demikian diungkapkan Kabid Penempatan Tenaga Kerja (Penta), Zainal Arifin S.Pt., M.Si kepada SAMAWAREA, Selasa (29/11).

Ketika ada penawaran dari oknum sponsor atau PJTKI dengan negara tujuan Saudi Arabia selain Abu Dhabi untuk tidak ditanggapi. Sebab hal itu jelas-jelas illegal, karena pihaknya tidak akan pernah mengijinkannya. Dan untuk ke Abu Dhabi, tidak semua PJTKI yang memiliki ijin perekrutan CTKI. Satu-satunya perusahaan yang bisa memberangkatkan CTKI ke Abu Dhabi adalah Abdillah Putra Tamala. “Jadi tidak semua perusahaan, dan PT Abdillah adalah satu-satunya,” tandasnya.

Meski demikian oknum sponsor dan PJTKI tetap berupaya untuk memberangkatkan CTKI ke Saudi Arabia dengan berbagai macam cara. Salah satunya mengimingi calon TKI dengan uang belanja hingga Rp 5,6 juta, agar sasarannya terbuai. Ketika masyarakat masuk perangkat bujuk rayu, mereka akan diberangkatkan melalui jalur tidak resmi dan tidak terdata di dinas terkait. Ketika ada persoalan pada pra, saat dan pasca penempatan, pemerintah akan kesulitan untuk menanganinya. “Ini yang harus diketahui masyarakat, agar tidak menyesal di kemudian hari. Dan ini sudah banyak kasus dan laporan yang kami terima. Pesan kami, waspadalah dan hubungi kami,” pintanya.

Baca Juga  Diduga Gelapkan Dana, Oknum Karyawan Bank NTB Syariah Alami Amnesia

Karena itu sebelum berangkat termasuk secara legal, ungkap Ipin, Disnakertrans tetap memberikan pembekalan kepada para CTKI, sehingga mereka bisa membawa diri, bagaimana cara bersikap dan bekerja di negeri orang. Upaya ini dilakukan agar tidak ada lagi kasus-kasus yang menimpa TKI terutama yang berasal dari Kabupaten Sumbawa. (JEN/SR)

No More Posts Available.

No more pages to load.