Berantas CTKI Ilegal, Disnakertrans Terjun ke Desa

oleh -4 views
Kabid Penta Disnakertrans Sumbawa, Z Arifin SPt. M.Si

SUMBAWA BESAR, SR (29/11/2016)

Maraknya kasus CTKI illegal di wilayah Kabupaten Sumbawa, membuat Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) setempat, bekerja ekstra. Berbagai upaya telah dilakukan mulai dari memperketat pemberangkatan CTKI, hingga menjalin kerjasama dengan Imigrasi, dan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil. Sebab persoalan TKI bermula dari pemalsuan identitas. Namun tidak sedikit, masalah TKI muncul akibat dari sponsor dan petugas lapangan nakal yang merekrut dan memberangkatkan CTKI melalui jalur illegal. Karenanya Disnakertrans Sumbawa menjalin kerjasama dengan kepala desa untuk menggiatkan sosialisasi ke desa-desa.

Kepala Bidang (Kabid) Penempatan Tenaga Kerja (Penta) Disnakertrans Sumbawa, Z. Arifin S.Pt., M.Si yang ditemui SAMAWAREA di ruang kerjanya, Selasa (29/11), menyatakan akan terus berupaya memberantas praktek illegal atau human trafficking. Setelah pihaknya gencar melakukan sosialisasi di wilayah bagian barat Sumbawa, aksi itu bergeser ke wilayah timur. Pihaknya sudah mengidentifikasi titik-titik rawan dan akan menggiatkan sosialisasi di sana. Beberapa kepala desa seperti Desa Dete Kecamatan Lape telah mengundang pihaknya untuk melakukan sosialisasi. Langkah yang dilakukan Kades Dete patut diapresiasi sebagai bentuk dukungan dalam memberantas human trafficking. “Ini salah satu komitmen yang sudah terbangun dengan kepala desa,” katanya.

Diakui Ipin—akrab pejabat yang dikenal tegas ini, sumber data CTKI bermula dari desa. Ketika Kades bersikeras untuk tidak menandatangani ijin dari perusahaan yang tidak jelas, maka aksi illegal tersebut dapat diminimalisir. Untuk menambah pengetahuan para kepala desa agar tidak tergoda atau terbuai para sponsor dan PL dari perusahaan yang tidak jelas dan illegal, Disnakertrans akan membuat aplikasi agar pihak desa dapat melihat PJTKI mana yang legal dan illegal. Termasuk negara mana saja di timur tengah atau Asia yang membuka lowongan pekerjaan. “Insya Allah 2017 aplikasi ini akan diterapkan, sekarang kami masih menggiatkan sosialisasi. Kami yakin dengan kerjasama semua pihak praktek illegal itu dapat diberantas,” demikian Ipin. (JEN/SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Minimalisir Wartawan Abal-abal, PWI Sumbawa Tingkatkan Kompetensi Anggota

No More Posts Available.

No more pages to load.