Tingkatkan Pelayanan Publik, Pemkab Sumbawa Gandeng Ombudsman

oleh -4 views
Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah

SUMBAWA BESAR, SR (28/11/2016)

Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus berupaya meningkatkan pelayanan publik. Salah satunya menggandeng Ombudsman Provinsi NTB sebagai narasumber dalam Rapat Koordinasi Pelayanan Publik di lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa, Senin (28/11).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah mengatakan bahwa Tahun 2016 merupakan momentum yang sangat penting bagi pelaksanaan pemerintahan Kabupaten Sumbawa terutama dalam meletakkan kerangka substantif implementasi visi dan misi 2016-2021. Pertemuan dengan Ombudsman ini merupakan strategi akselerasi peningkatan kualitas pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Sumbawa.

Terkait hal tersebut lanjut Wabup, secara tekstual disebutkan dalam misi kedua RPJMD Kabupaten Sumbawa 2016-2021 yaitu mewujudkan birokrasi yang bersih, handal dan profesional sehingga mampu menjalankan pemerintahan sesuai dengan prinsip tata kepemerintahan yang baik (good governance). Hal ini dimaknai sebagai misi yang diemban untuk mengupayakan pengelolaan pemerintahan yang baik dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik, terbentuknya birokrasi pemerintahan yang profesional dan berkinerja tinggi serta meningkatnya pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan. “Perlu dipahami bersama, bahwa pelayanan publik juga merupakan salah satu dari delapan area perubahan reformasi birokrasi yang sedang terus kita kuatkan saat ini yaitu mewujudkan pelayanan prima sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat,” ungkapnya.

Terkait pelayanan publik, pada awal pemerintahan telah dilakukan evaluasi secara masif kepada seluruh perangkat daerah dalam rangka memastikan pelayanan berjalan secara baik dan memiliki tingkat kepatuhan yang baik terhadap peraturan perundang-undangan. “Saya sangat mengapresiasi kerja keras perangkat daerah dalam membenahi pelayanan tersebut. Semoga ikhtiar perbaikan yang terus kita lakukan secara bersama ini dapat meningkatkan kinerja pelayanan publik di Kabupaten Sumbawa untuk berada pada zona pelayanan yang lebih tinggi,” harapnya.

Baca Juga  Amin Minta Kader Nasdem Tetap Kritis

Perlu diingat bahwa pelayanan publik sangat fundamental bagi eksistensi pemerintah karena terkait dengan hak konstitusional warga masyarakat. Sehingga pemerintah berkewajiban melayani setiap warga negara dan penduduk untuk memenuhi hak dan kebutuhan dasarnya dalam kerangka pelayanan publik. Pemberian pelayanan publik oleh aparatur pemerintah kepada masyarakat merupakan implikasi dari fungsi aparatur negara sebagai pelayan masyarakat sehingga kedudukan aparatur pemerintah dalam pelayanan umum sangat strategis karena akan menentukan sejauhmana pemerintah mampu memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya bagi masyarakat.

Karenanya pelayanan publik yang berkualitas tentulah merupakan dambaan setiap warga masyarakat, sehingga tidak mengherankan jika pemerintah harus mengambil berbagai inisiatif guna meningkatkan kualitas pelayanan publik. Hal ini terkait bahwa membangun kepercayaan masyarakat atas pelayanan publik yang dilakukan penyelenggara pelayanan public. “Rakor ini harus diletakkan pada kerangka untuk membangun kesamaan pemahaman di antara perangkat daerah sebagai penyelenggara pelayanan publik dalam melaksanakan berbagai kebijakan di bidang pelayanan publik, sehingga dapat berjalan secara sinergis dan mencapai hasil yang optimal,” ucapnya. Di samping itu, sambung Wabup, mendorong setiap unit kerja penyelenggara pelayanan publik untuk senantiasa melakukan upaya perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan. Salah satu sorotan masyarakat di sektor pelayanan publik adalah belum terpenuhinya tuntutan dan harapan masyarakat untuk memperoleh layanan yang berkualitas. Artinya masih terdapat disparitas antara harapan di satu sisi dan realitas pelayanan pada sisi yang lainnya. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.