Fahri Ajak Pemda Contohi Cara Jokowi Bebaskan Lahan

oleh -9 views

JAKARTA, SR (22/11/2016)

Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah meminta pemerintahan sipil di daerah-daerah  (Pemda) mengambil contoh Presiden Jokowi dalam melakukan pembebasan lahan.

Ia mengaku mendengar bahwa pemerintah di DKI Jakarta melalui Satuan Polisi Pamongpraja (SatPol-PP) dan lainnya tidak sanggup menghadapi pembebasan lahan. “Jangan karena ketidaksanggupan itu lalu tidak bisa memakai dan menempuh cara negosiasi, cara halus dan komunikasi beradab,” kata Fahri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/11).

Ia meminta Pemda mengambil contoh Presiden Jokowi yang terkenal dengan legacy menggunakan cara-cara lembut, dialog di meja makan dalam menyelesaikan masalah relokasi sehingga bisa memindahkan pasar. Karena itu kata dia seharusnya menjadi contoh.

Fahri meminta penggunaan aparatur militer sangat harus dihindari karena pemerintahan saat ini adalah pemerintahan sipil. “Contohilah Presiden Jokowi bahwa dialog bisa memindahkan pasar,” imbuhnya.

Meski tidak menyebut nama Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, ia mengirim pesan bahwa apa yang dilakukan pemerintahan DKI Jakarta hanya jalan pintas seperti menggusur perkampungan-perkampungan penduduk yang sama sekali tidak mengambil contoh dari Presiden Jokowi.

Bahkan sekarang darurat, meminta Presiden Jokowi harus membuat peraturan tentang Tata Cara Penggususran atau Prosedur Tehnis Pembebasan Lahan. Caranya bisa dilakukan dengan mengajak makan dua sampai empat kali yang anggarannya masuk dalam APBN. “Ini negara HAM, sedikit-sedikit militer, sedikit-sedikit senjata. Ini otaknya ndak beres nih pemda-pemda nih menganggap rakyat harus ditakut takuti,” kata Fahri mengkritisi.

Baca Juga  FPKT Desak Pembakar Bendera Tauhid Ditetapkan Jadi Tersangka Penistaan Agama

Di abad 21 ini lanjutnya, jika lebih menghormati senjata daripada kata-kata bisa jadi nantinya orang menggunakan senjata dalam kekerasan dan negara terjebak dalam aksi kekerasan. “Cara berfikir ini yang harus diperbaiki,” tutupnya. (ZM/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.