Lahirkan Peneliti dari Guru dan Siswa, FIG Gelar Workshop Karya Ilmiah  

oleh -4 views

SUMBAWA BESAR, SR (20/11/2016)

Sebanyak 159 siswa dan 131 guru di Kabupaten Sumbawa mengikuti Workshop Karya Ilmiah. Kegiatan yang digelar Forum Ilmiah Guru (FIG) bekerjasama dengan Dinas Diknas Kabupaten Sumbawa ini berlangsung di Kantor Bupati Sumbawa selama dua hari, 19—20 November 2016. Hadir sebagai narasumber pada kegiatan bertemakan “Membangun Jiwa Peneliti di Kalangan Guru dan Siswa Menuju Sumbawa Hebat dan Bermartabat” ini adalah Dr. H. Muhammad Ikhsan, M.Pd (Asisten I Pemkab Sumbawa), Ahmad Sahid, S.Pd., M.Pd (Widyaiswara LPMP NTB), dan Ketua Dewan Redaksi Jurnal Ilmiah “Widya Kita” LPMP NTB, Ainun Asmawati, M.Pd.

Ketua Panitia Workshop Karya Ilmiah, Nurhidayat, M.Pd yang ditemui SAMAWAREA, Sabtu (19/11), mengatakan, digelarnya kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan jumlah dan kualitas hasil penelitian yang dilakukan oleh guru dan siswa di Kabupaten Sumbawa. “Minat menulis karya ilmiah di kalangan guru dan siswa masih rendah. Mereka menganggap membuat karya ilmiah sulit, padahal sesungguhnya tidak sesulit yang dibayangkannya,” kata Dayat—akrab guru SMPN 2 Satap Rhee ini.

workshop-ilmiah-1

Didampingi Sekretarisnya Aryanti Dwiyani M.Pd, Dayat mengakui jika minat guru dan siswa mengikuti Workshop Karya Ilmiah ini cukup tinggi. Namun karena keterbatasan tempat dan jumlah pembimbing, sehingga jumlah pendaftar dibatasi. Ia menilai kegiatan ini sangat bermanfaat bagi guru dan siswa. Selain memberikan pengetahuan bagi para guru yang belum berpengalaman juga meningkatkan kualitas guru yang sudah berpengalaman dalam menulis artikel ilmiah. Tak hanya itu karya ilmiah ini dapat digunakan untuk kenaikan pangkat dan memperbaiki proses pembelajaran di sekolah.

Baca Juga  Besok, Kelulusan Siswa SMAN 1 Plampang Diumumkan

Sedangkan untuk siswa, lanjutnya, mereka memiliki pengalaman bagaimana harus menulis dan bagaimana melakukan penelitian atau dengan kata lain membantu para siswa untuk meningkatkan kemampuannya dalam penguasaan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Mendorong dan meningkatkan jumlah karya tulis ilmiah yang diikutkan dalam LPSN tingkat Nasional. “Ada keinginan kami selaku penyelenggara workshop, bahwa kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai di sini tapi harus menghasilkan produk, salah satunya produk ini bisa mengikuti berbagai lomba karya ilmiah di tingkat nasional,” harap Dayat.

Panitia Workshop Ilmiah Guru dan Siswa yang tergabung dalam Forum Ilmiah Guru (FIG) Kabupaten Sumbawa
Panitia Workshop Karya Ilmiah Guru dan Siswa yang tergabung dalam Forum Ilmiah Guru (FIG) Kabupaten Sumbawa

Untuk diketahui, ungkap Dayat, sejak FIG dibentuk Tahun 2014 lalu, sudah beberapa prestasi nasional yang diraih guru maupun siswa di Kabupaten Sumbawa dalam lomba penulisan karya ilmiah. Pada Tahun 2016 ada 5 siswa dari dua sekolah yaitu SMP 1 Labuan Badas dan SMPN 1 Sumbawa sama-sama meraih perunggu di tingkat nasional. Selanjutnya dua guru SMA/SMK menjadi finalis Inobel 2016 tingkat nasional. Sebelumnya juga ada 4 finalis yang tembus ke tingkat nasional yaitu dua dari guru dan dua dari siswa.

Sesuai dengan tema kegiatan, Dayat mengharapkan ke depan Sumbawa menjadi hebat dengan banyaknya lahir peneliti berprestasi di kalangan pelajar dan guru, sehingga daerah ini semakin bermartabat. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.