Sikapi Demo Jilid III, Kapolres Minta Tetap Jaga Kondusifitas

oleh -6 views
Kapolresta Mataram, AKBP Muhammad SIK

SUMBAWA BESAR, SR (19/11/2016)

Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad SIK meminta semua pihak tetap menjaga situasi kamtibmas yang sudah kondusif, aman dan tentram. Kerukunan agama di Kabupaten Sumbawa yang sudah terjaga selama ini harus tetap dipelihara. Permintaan ini disampaikan Kapolres menyusul adanya rencana aksi unjukrasa Jilid III pada 25 November di Jakarta terkait dengan dugaan penistaan agama yang dilakukan Gubernur DKI non aktif, Basuki Tjahya Purnama alias Ahok. Kemungkinan aksi serupa akan digelar serentak di beberapa daerah termasuk Kabupaten Sumbawa.

Meski aksi demo atau menyampaikan pendapat di depan umum itu menjadi hak setiap warga negara yang dilindungi undang-undang, namun Kapolres menyarankan agar masyarakat di Kabupaten Sumbawa tidak perlu turun ke jalan demi terciptanya Sumbawa yang aman, rukun, tenteram dan damai. Sebab aksi demo kerap menimbulkan kegelisahan di tengah masyarakat dan ada kekhawatiran akan disusupi orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Menurut Kapolres, kasus dugaan penistaan agama yang diduga dilakukan Ahok sudah diproses. Bahkan,Ahok sudah ditetapkan sebagai tersangka. Masyarakat dapat melihat dan mengawal penanganan kasus tersebut agar professional hingga proses persidangan. “Kita antisipasi dan sama-sama menjaga, jangan sampai ada pihak ketiga yang tidak ingin Kabupaten Sumbawa aman dan tentram,” ajak Kapolres.

Ia menyampaikan apresiasi kepada semua tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi massa dan unsur-unsur lainnya yang telah menjaga Sumbawa tetap kondusif. Aksi demo yang digelar sebelumnya sangat aman dan damai. Untuk tetap menjaga situasi ini, pihaknya sudah melaksanakan Apel Kebhinekaan dengan mengundang semua tokoh agama, tokoh masyarakat, dan lainnya guna menyatukan visi dan misi demi menjaga kebhinneka-tunggal-ikaan. Hal ini ditandai dengan menandatangani deklarasi atau pernyataan untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di Kabupaten Sumbawa. (JEN/SR)

No More Posts Available.

No more pages to load.