WNA Malaysia Ber-KTP Sumbawa, Ber-Akta Nikah Lombok Barat

oleh -16 views

Tinggal di Kecamatan Rhee

SUMBAWA BESAR, SR (18/11/2016)

Aneh, itulah ucapan saat mengetahui Warga Negara Asing (WNA) memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Seperti yang dimiliki Hidayu—WNA asal Malaysia yang tinggal di Kecamatan Rhee. Meski berasal dari Malaysia namun wanita ini memiliki KTP dan menetap di Kecamatan Rhee, Kabupaten Sumbawa. Identitas yang selama ini tersembunyi rapi berhasil diungkap pihak Imigrasi Klas II Sumbawa. Saat itu Hidayu mengurus passport.

Kepala Kantor Imigrasi Sumbawa, Drs. Syahrifullah yang ditemui kemarin, mengatakan bahwa wanita berusia 25 tahun itu datang bersama anaknya untuk mengurus passport. Saat mengurus passport, dia menunjukkan KTP Kecamatan Rhee. Hidayu mengatakan bahwa dia hendak mengunjungi orang tuanya di Malaysia. ‘’Kami pun mulai curiga kalau dia bukan warga Indonesia,” kata Syahrifullah.

Setelah diinterogasi singkat, Hidayu akhirnya mengaku secara terus terang. Diceritakan Hidayu, dia dibawa suaminya ke Indonesia sekitar 6 tahun lalu. Kedatangannya ke Indonesia hanya dilengkapi KTP Malaysia, tanpa dokumen yang lain. Sebelumnya, suaminya adalah seorang TKI yang bekerja di Malaysia. Saat dibawa ke Indonesia, keduanya kemudian menikah di Lombok Barat. Bahkan akta nikah mereka juga sudah dikeluarkan oleh pemerintah setempat. Setelah itu, keduanya menetap di Kecamatan Rhee.

Terkait dengan terungkapnya identitas Hidayu, pihak Imigrasi tengah mengupayakan pemulangannya ke Malaysia. Imigrasi sudah berkoordinasi dengan Konsulat Malaysia yang nantinya akan mengirimkan izin untuk mendeportasi Hidayu. Sementara untuk anaknya, karena berstatus sebagai WNI akan dibuatkan passport agar bisa diberangkatkan bersama-sama ke Malaysia. (JEN/SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Hutan Kritis, Camat Maronge Minta Gubernur Turun Tangan

No More Posts Available.

No more pages to load.