Home / Politik / BPMPD Persiapkan Pelantikan Kades Ledang
Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumbawa, Dr. M. Ikhsan Safitri M.Sc

BPMPD Persiapkan Pelantikan Kades Ledang

SUMBAWA BESAR, SR (17/11/2016)

Pelantikan Kepala Desa (Kades) Ledang Kecamatan Lenangguar terpilih, Mastar, akan segera dilaksanakan. Hal ini menyusul putusan majelis hakim PTUN Mataram yang menolak gugatan penggugat (M Tayeb) dan mengabulkan eksepsi tergugat (Bupati Sumbawa). Selain itu majelis hakim mencabut penetapan penundaan pelantikan yang dikeluarkan PTUN. “Kami akan mengusahakan pelantikan Kades Ledang dalam waktu sesegera mungkin,” kata Kepala BPM-PD Kabupaten Sumbawa, Dr. M. Ikhsan Safitri, M.Sc, saat dicegat SAMAWAREA di Kantor Bupati Sumbawa, Kamis (17/11) siang tadi.

Ia mengaku telah mendapat perintah dari Bupati untuk mempersiapkan pelantikan Kades Ledang. Menindaklanjuti perintah tersebut, Doktor Can—akrab pejabat low profil ini disapa, telah berkoordinasi dengan camat dan pihak terkait lainnya bahwa pelantikan itu segera dilakukan. Namun hari dan tanggal termasuk tempat dan siapa yang melantik, masih belum dipastikan. Yang pasti, pelantikannya dalam Bulan November 2016 ini. “Jelasnya dalam waktu secepatnya,” ujar Doktor Can.

Pilkades Ledang Kecamatan Lenangguar bertarung dua kandidat untuk merebut simpati 1.305 pemilih. Dari hasil perhitungan suara, Mastar unggul dengan 624 suara, sedangkan lawannya M Tayeb meraih 505 suara. Belakangan M Tayeb keberatan dengan hasil Pilkades karena menilai ada kecurangan dalam prosesnya. Akhirnya mengajukan gugatan hukum ke PTUN Mataram dan putusan sela majelis hakim memerintahkan bupati untuk menunda pelantikan Kades terpilih, sehingga dari 20 kepala desa terpilih hasil pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sumbawa, hanya Kades Ledang yang pelantikannya ditunda. Namun penundaan itu telah dicabut melalui putusan PTUN, 9 November 2016 lalu. Artinya, tidak lama lagi Mastar akan segera dilantik menjadi Kades Ledang. (JEN/SR)

Lihat Juga

Jelang Akhir Coklit, Ini Temuan Bawaslu Sumbawa

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (11/8/2020) Tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih oleh KPU Sumbawa akan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *