Saat ini KSB Rehab 196 Rumah Tidak Layak Huni

oleh -1 views
Mulyadi, Kepala BPMPD KSB

SUMBAWA BARAT, SR (16/11/2016)

Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) untuk masyarakat tidak mampu merupakan program Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat untuk mengentaskan kemiskinan.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM PD) KSB, Mulyadi yang ditemui SAMAWAREA, Selasa (15/11) kemarin, menyebutkan untuk tahap awal Tahun 2016 ini, sebanyak 196 unit rumah akan direhab dari total 6000 rumah. Rumah yang direhab ini tersebar di 28 peliuk, dan masing-masing peliuk mendapatkan 7 rumah dengan criteria kondisinya sangat parah. Bantuan yang diberikan maksimal Rp 10 juta, namun yang ada sekarang rata-rata Rp 7 juta per rumah. “Tahap awal hanya dikerjakan 196 rumah karena terkendala waktu pelaksanaannya yang semakin mepet. Dan kita akui sekarang belum bisa mencapai 20%. Jadi kami belum bisa tambah jumlah rumah yang akan dikerjakan karena kami tidak berani ambil resiko khawatir ada permasalahan di kemudian hari yang justru akan menghabat keberlangsungan progam ini,” jelasnya.

Selebihnya 5.084 rumah lanjut Mulyadi, akan dituntaskan pada Tahun 2017. Pihaknya sudah menganggarkan sebanyak Rp 15 milyar melalui APBD murni, dengan asumsi per rumah Rp 10 juta. Selain itu KSB juga mendapat bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum Rp 5 milyar untuk bedah rumah sebagai bentuk apresiasi terhadap program ini. “Kalau dikalkulasikan ada 20 milyar rupiah untuk program bedah rumah. Artinya ada 2000 rumah tidak layak huni yang direhab,” sebutnya, seraya menambahkan angka ini bisa bertambah mengingat dalam rehab rumah akan dilihat klasifikasi rumah yang rusak sehingga kemungkinan bantuan ke masyarakat bisa kurang dari 10 juta. (HEN/SR)

bang-zul-gubernur-ntb

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  LKKS NTB Terus Berupaya Mengatasi Dampak Pandemi

No More Posts Available.

No more pages to load.