Menang di PTUN Mataram, Kades Ledang Sudah Bisa Dilantik

oleh -39 views
H. Burhan, SH., MH, Tim Kuasa Hukum Pemda Sumbawa

SUMBAWA BESAR, SR (16/11/2016)

Dari 20 kepala desa terpilih hasil pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sumbawa, hanya Kades Ledang Kecamatan Lenangguar, Mastar, yang pelantikannya ditunda. Pasalnya calon kades rivalnya mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Mataram sehingga majelis hakim setempat mengeluarkan putusan sela untuk menunda pelantikan Kades Ledang. Namun penundaan itu telah dicabut melalui putusan PTUN, 9 November 2016 lalu. Artinya, tidak lama lagi Mastar yang unggul dengan 624 suara dari lawannya M Tayeb alias Rambo yang meraih 505 suara, akan segera dilantik menjadi Kades Ledang.

Tim Kuasa Hukum Pemda Sumbawa, H. Burhan, SH., MH yang ditemui SAMAWAREA di ruang kerjanya, Selasa (15/11), mengatakan, putusan majelis hakim PTUN Mataram menyatakan bahwa gugatan penggugat (M Tayeb) tidak dapat diterima. Gugatan ini ditolak karena majelis hakim menyatakan adanya ketidaksempurnaan gugatan. Sebaliknya majelis hakim yang diketuai Firdaus Muslim SH, didampingi Febby Fajrurrahman SH dan Septia Putri Riko SH M.Kn (hakim anggota) serta Panitera Pengganti Rudi Irawan SH, mengabulkan eksepsi tergugat (Bupati Sumbawa). Dalam eksepsi itu, tergugat menyatakan gugatan penggugat kabur karena menggunakan aturan yang sudah tidak berlaku lagi atau menggunakan Perda yang sudah dicabut, bukan Perda No. 1 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Desa. Selain itu majelis hakim mencabut penetapan penundaan pelantikan yang dikeluarkan PTUN. Majelis hakim memberikan waktu 14 hari sejak putusan itu diucapkan kepada penggugat apakah menerima atau mengajukan banding.

Baca Juga  Truk ODOL Marak Beroperasi, Dishub Tak Bisa Bertindak Tanpa PPNS

Dengan putusan tersebut ungkap Haji Burhan—akrab mantan Kadishub yang kini ditarik menjadi Staf Ahli Bupati, maka keputusan Bupati Sumbawa No. 916 Tahun 2016 tentang Pemberhentian Penjabat Kepala Desa dan Pengesahan Pengangkatan Kepala Desa Ledang Kecamatan Lenangguar masa jabatan 2016—2022 ini sah dan sudah bisa dilaksanakan. “Kades Ledang sudah bisa dilantik karena penundaan pelantikan yang sebelumnya dikeluarkan majelis hakim kini telah dicabut meskipun nanti ada upaya hukum lain yang dilakukan penggugat. Upaya hukum yang dilakukan penggugat tidak menghalangi bupati untuk melantik Kades Ledang terpilih,” demikian Haji Burhan.

Seperti diberitakan, Pilkades Ledang Kecamatan Lenangguar bertarung dua kandidat untuk merebut simpati 1.305 pemilih. Dari hasil perhitungan suara, Mastar unggul dengan 624 suara, sedangkan lawannya M Tayeb meraih 505 suara. Belakangan M Tayeb keberatan dengan hasil Pilkades karena menilai ada kecurangan dalam prosesnya. Akhirnya mengajukan gugatan hukum ke PTUN Mataram dan putusan sela majelis hakim memerintahkan bupati untuk menunda pelantikan Kades terpilih. (JEN/SR)

bang-zul-gubernur-ntb

 

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.