Polisi Turun Tangan, Sita Alat Berat PT Lapindo

oleh -4 views

Aktivitasnya Diduga Merusak Lingkungan 

SUMBAWA BESAR, SR (15/11/2016)

PT Labuhan Mapin Indonesia (Lapindo)—perusahaan tambak udang di Desa Labuhan Mapin Kecamatan Alas Barat, kini harus berurusan dengan pihak kepolisian. Hal ini setelah masyarakat melaporkan dugaan pengrusakan lingkungan ke Polsek Alas Barat, Selasa (15/11). Pasalnya, perusahaan tersebut melakukan aktivitas pengerukan, penumpukan dan penggunaan pasir laut.

Siang tadi, pihak Polsek Alas Barat mulai melakukan pemanggilan terhadap Arif–pimpinan beserta karyawan perusahaan tambak tersebut. Polisi akan meminta keterangan terkait adanya laporan masyarakat.
Kapolsek Alas Barat, IPTU Komang Oka yang ditemui wartawan, membenarkan adanya laporan masyarakat atas dugaan pengurukan pantai yang dilakukan PT Lapindo. Laporan itu ditindaklanjuti dengan melayangkan pemanggilan terhadap pihak perusahaan tambak dan perwakilan masyarakat untuk dimintai keteranganya.
dalam keterangannya kepada penyidik ungkap Kapolsek, Arif selaku penanggung jawab PT Lapindo mengakui jika perusahaannya melakukan aktivitas sebagaimana laporan masyarakat. Terhadap pengakuan ini, Kapolsek mengaku langsung memerintahkan anggotanya untuk membuat laporan Model A dan menerjunkan anggotanya melakukan olah TKP dan mengamankan barang bukti berupa alat berat merk Komatzu. “Saat ini kami masih melakukan pendalaman dan sedang berkoordinasi dengan atasan tertinggi agar kami tidak salah menggunakan pasal dalam melakukan penanganan,” jelasnya.

Sementara Edy Handoko alias Kancil–pemerhati lingkungan yang ikut dipanggil polisi mengaku telah memberikan keterangan. Menurutnya, aktivitas PT Lapindo ini sudah berlangsung cukup lama dan sering dilaporkan khususnya ke Dinas Kelautan dan Perikanan namun tidak ada tindakan atau sanksi tegas. Karena itu pihaknya berinisiatif melaporkannya secara hukum kepada pihak kepolisian. “Kami tempuh upaya hukum karena perusahaan itu tidak memiliki itikad baik untuk menghentikan kegiatannya yang merusak lingkungan,” pungkasnya. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Jelang Pilkada, Kapolda NTB Safari Kamtibmas di Sumbawa

No More Posts Available.

No more pages to load.