Ribuan Peserta dari 20 Negara Ikut Lombok Marathon

oleh -1 views
Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh

MATARAM, SR (14/11/2016)

Kota Mataram akan menjadi venue utama penyelenggaraan kegiatan Lombok Marathon 2016 yang digelar KONI Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam rangka HUT NTB ke-58.

Mempersiapkan kegiatan yang berskala internasional ini, Senin (14/11/16), Ketua KONI Provinsi NTB H. Andy Hadianto bertemu dengan Walikota Mataram H. Ahyar Abduh yang didampingi Sekretaris Daerah Kota Mataram H. Effendi Eko Saswito di Ruang Kenari Kantor Walikota Mataram. Pertemuan tersebut dihadiri para camat-lurah, jajaran kepala dan perwakilan SKPD terkait lingkup Kota Mataram.

Dalam kesempatan itu Andy Hadianto mengatakan, rencana Lombok Marathon 2016 akan dilaksanakan pada 4 Desember 2016 dengan mengambil start di Senggigi dan finish di depan Kantor Gubernur NTB. Kegiatan yang baru pertama digelar di NTB ini akan membuka dua kelas yakni full marathon 42 kilometer dan half marathon 10 kilometer. Rute pada semua kelas yang dibuka, hanya sepanjang delapan kilometer  melalui Kabupaten Lombok Barat. Selebihnya atau 95 persen rute melalui ruas-ruas jalan Kota Mataram. “2.800 peserta dari 20 negara sudah mendaftarkan diri, akan tumpah ruah di Kota Mataram,” ungkapnya, seraya menyebutkan, total hadiah yang disediakan sampai dengan Rp 500 juta.

Menanggapi paparan yang disampaikan Ketua KONI NTB, Walikota Mataram H. Ahyar Abduh menyatakan bahwa pada prinsipnya Kota Mataram siap menyukseskan agar Kota Mataram tampak semarak menyambut lomba dalam rangka HUT NTB tersebut. Untuk memastikan kegiatan berlangsung sukses, meminta panitia memperhatikan secara detail hal umum dan tekhnis persiapan, terlebih kegiatannya berskala nasional. “Prinsipnya di Kota Mataram ini harus meraih tiga sukses yaitu sukses kegiatan, sukses pencitraan, dan sukses ekonomi,” tekannya.

Baca Juga  APGN Symposium, Agenda Bersejarah Bagi Masyarakat NTB

Lombok Marathon 2016 dihajatkan untuk menjadi kegiatan tahunan di Pulau Lombok. Rute yang akan diambil dipastikan menyajikan pemandangan yang menarik bagi para peserta yang ditargetkan sampai dengan lima ribu orang dari berbagai negara. Melewati pesisir pantai, daerah persawahan, maupun wilayah perkotaan, dengan rute yang disebut oleh salah satu ahli kalibrasi rute marathon mancanegara merupakan rute marathon terbaik di Asia dan berstandar nasional. Dalam artian memenuhi syarat untuk dilakukan pemecahan rekor dunia.

Bila lomba yang pertama ini berlangsung sukses, bukan tidak mungkin pada pelaksanaan di tahun-tahun mendatang akan seperti agenda Tokyo Marathon yang jumlah peserta sampai dengan 38 ribu orang.⁠⁠⁠⁠ (NA/SR)

bang-zul-gubernur-ntb

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.