Ai Panas Maronge, Pengunjung Membludak Berebutan Ingin Berobat

oleh -160 views
membludak, laki dan prempuan membaur di Kolam Ai Panas Maronge

Dipercaya Sembuhkan Penyakit

SUMBAWA BESAR, SR (11/11/2016)

Ribuan orang dari berbagai penjuru NTB membludak di lokasi Ai Panas, Kecamatan Maronge, Kabupaten Sumbawa. Mereka datang bukan hanya menikmati obyek yang telah dijadikan destinasi wisata alam ini, tapi juga ingin berobat karena dipercaya berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mereka yang datang dari luar Sumbawa, rela menginap. Ini karena padatnya pengunjung dan area kolam dengan luas yang terbatas, membuat mereka harus mengantri. Sebab untuk memenuhi hajatnya, para pengunjung harus berendam di kolam Ai Panas—yang airnya panas. Kondisi ini dimanfaatkan warga setempat terutama pemilik lahan dengan menyiapkan tenda-tenda untuk disewa oleh para pengunjung. Per tenda dipasang tarif Rp 30 ribu. Selain itu setiap pengunjung yang masuk ke kawasan Ai Panas diharapkan dapat memberikan sumbangan seikhlasnya. Di lokasi sudah tersedia kotak amal besar untuk diisi usai berendam. Bukan hanya siang hari, pengunjung juga datang di malam hari. Sebab malam hari lebih adem karena udara yang dingin sangat pas dengan hangatnya Ai Panas tersebut.

ai-panas-maronge-1

Sebenarnya Ai Panas yang terletak di sebelah selatan Maronge, sudah lama terdengar. Pengunjung saat itu tidak terlalu banyak seperti saat ini. Mungkin karena tersiarnya informasi bahwa Ai Panas bisa menyembuhkan penyakit, di samping adanya berbagai testimoni tentang kekhasiatannya, warga mulai berdatangan. Warga pun menjadikan Ai Panas tersebut menjadi rumah sakit kedua bagi si sakit. Pemandangan ada orang sakit yang digotong, digendong dan ditandu di lokasi itu, sudah lumrah. Mereka langsung berendam. Katanya untuk mendapatkan berkah kesembuhan, meski kesembuhan itu hanya datangnya dari Allah SWT.

Baca Juga  Selamat !! Jamhur Husain Ketua PWI Sumbawa Terpilih

Agus Salim—pengunjung asal Sape Kabupaten Bima, mengaku tertarik karena Ai Panas Maronge ini unik. Potensi wisata Ai Panas ini cukup besar, namun masih dikelola secara tradisional dan apa adanya. Harusnya dikelola secara professional sehingga terlihat tertib dan pengunjung menjadi nyaman dalam menerima manfaat dari keberadaan Ai Panas ini. Pengunjung lainnya, Muslimin mengaku udah kerapkali berendam dan penyakit rematik dan penyakit dalam lain yang dialaminya sembuh. “Saya datang ke sini bukan untuk berendam tapi mengambil airnya untuk dibawa pulang dan dijadikan obat,” akunya.

Menunggu giliran untuk berendam
Menunggu giliran untuk berendam

Sementara Abdullah, pengunjung dari Kota Sumbawa mengaku datang hanya untuk menghilangkan rasa penasaran. Ia melihat orang berebutan berenda karena meyakini air panas itu dapat menyembuhkan penyakit. Tapi ia menyayangkan jika Ai Panas itu dijadikan tempat sacral sehingga mengarah pada kemusyrikan. “Ai Panas itu sepertinya mengandung belerang yang secara ilmiah menjadi obat menyembuhkan penyakit tertentu, tapi bukan kolam itu yang memberikan kesembuhan melainkan Allah SWT,” tutupnya. (BUR/SR)

No More Posts Available.

No more pages to load.