Banggar DPRD Prihatin Pendapatan Daerah Menurun Drastis

oleh -55 Dilihat

Desak Eksekutif Lakukan Evaluasi

SAMAWAREA PARLEMENTARIA, KERJASAMA DENGAN DPRD KABUPATEN SUMBAWA 

SUMBAWA BESAR, SR (10/11/2016)

Pendapatan daerah dari pajak dan retribusi pada Tahun 2016 ini mengalami penurunan yang cukup drastis. Hal ini membuat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Sumbawa prihatin dan mendesak eksekutif melakukan evaluasi.

Penurunan pendapatan daerah melalui pajak dan retribusi ini terungkap saat Banggar DPRD bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) menggelar rapat pembahasan KUA–PPAS Tahun 2017. “Kami melihat bahwa ternyata pajak, retribusi dan pendapatan lain-lain yang merupakan sumber pendapatan daerah itu mengalami penurunan yang cukup drastis. Jadi kami agar pos-pos pendapatan itu dievaluasi agar bisa secara signifikan,’’ ungkap Ketua DPRD Sumbawa, Lalu Budi Suryata SP yang ditemui usai rapat, belum lama ini.

Baca Juga  Saat-Jaya Menang Pilkada, Sumbawa akan Berjaya

banggar-dprd

Untuk memantapkan dan mendapatkan kejelasan terkait dengan proses peningkatan Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) ini, ungkap Budi—akrab politisi PDIP ini disapa, Banggar dan TAPD menjadwalkan pertemuan lanjutan pada Jumat besok. Dalam dua hari ini, Banggar bersama eksekutif turun ke lapangan untuk mengecek semua hal terkait dengan pos-pos itu, seperti retribusi pasar, terminal, parkir, hotel, restaurant dan lainnya. Dengan hasil pengecekan lapangan ini akan tergambar dengan jelas mana yang perlu digenjot, serta mana yang harus dievaluasi. Karena itu lanjut Budi, pada pertemuan nanti Banggar ingin mendengar klarifikasi dari eksekutif mengenai pendapatan daerah.

Di bagian lain Budi juga prihatin dengan ‘hilangnya’ alokasi DAK dari pusat untuk bidang pertanian. Padahal Kabupaten Sumbawa memiliki potensi pertanian yang sangat besar. Demikian dengan laboratorium di Dinas PU yang dinilai jauh dari harapan, sehingga Banggar pun akan meminta kejelasan terkait hal itu. ‘’Kita heran kenapa seperti itu, terutama untuk DAK pertanian,” ujarnya. (JEN/SR)

 

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *