Sumbawa Gandeng Komisi IX DPR RI Sosialisasi Integrasi Kampung KB

oleh -2 views

SUMBAWA BESAR, SR (08/11/2016)

Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Sumbawa menggelar Sosialisasi Integrasi Kampung KB Bersama Mitra Kerja (Komisi IX DPR RI) di Dusun Batu Nisung Karang Dima Kecamatan Labuhan Badas, Senin (7/11). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas dan pertumbuhan kampung KB di Indonesia.

Dalam sambutannya Kepala BKKBN RI yang disampaikan Direktur Pemberdayaan Ekonomi Keluarga, Dra. Hamnah Wahyuni, bahwa masyarakat di Sumbawa sangat antusias untuk bersama–sama membangun daerahnya melalui kampung KB. Sesuai dengan keinginan Presiden, agar program KB kembali gegap gempita. Namun, Kampung KB kali ini tidak khusus kampung KB saja tetapi tentang kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga. “Jadi kampung KB harus disukseskan oleh semua SKPD dari Bupati dan Wakil Bupati agar semua bekerjasama secara gotong-royong sehingga kampung ini menjadi kampung yang sejahtera,” ungkapnya.

Selain itu, sesuai dengan arahan Presiden pada tahun 2019 lalu, tidak ada desa yang tertinggal semuanya menjadi desa yang sejahtera bersatu padu. “Apabila ingin kampung KB ini sukses kita harus membuka diri dan bersatu untuk mensukseskan kegiatan ini,” lanjut Dra. Hamnah.

Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah dalam sambutan singkatnya menyampaikan bahwa di Kabupaten Sumbawa yang terdiri dari 24  kecamatan 157 desa ditambah 8 kelurahan sudah memiliki kampung KB. “Sudah ada kampung KB di tingkat desa. Kami berharap pada tahun mendatang kampung–kampung KB tersebut akan merambah ke tingkat dusun. Dalam program kampung KB ini semua program bisa dimasukkan, di antaranya bidang hukum untuk desa sadar hukum, dan juga program–program yang lain,” kata Wabup.

Baca Juga  KSB Tetap Fokus Membangun Keunggulan Sumberdaya Lokal

Dengan melihat luasnya Kabupaten di Sumbawa ini, Ia berharap melalui BKKBN RI Sumbawa mendapat perhatian, sehingga daerah ini dapat berpacu dalam pembangunan. Untuk lokasinya dicoba melalui kampung KB sehingga semua SKPD bisa masuk dan akhirnya nanti kampung KB bisa dideklarasikan sebagai kampung yang bebas narkoba dan program lainnya.

Sementara Wakil Ketua Komisi DPR RI Hj. Ermalena, MHS mengungkapkan, kampung KB merupakan contoh bagi kampung–kampung lain, yang diharapkan bisa tumbuh dimana–mana secara bersama–sama untuk membangun dan mewujudkan keinginan rakyat. “Kami harap ini bisa dilakukan secara bersama–sama dan dikoordinasikan secara utuh antar SKPD dan memprogramkan apa yang dilakukan di kampung KB ini kedepan,” pintanya.

Hj Ermalena juga berharap pencanangan kampung KB oleh Presiden dapat diteruskan di seluruh kabupaten/kota lalu kecamatan sebagai bentuk inovasi. “Pemerintah dan kita semua memiliki keterbatasan. Untuk mengatasi keterbatasan itu harus dilakukan dengan cara bekerjasama,” demikian Ermalena. (JEN/SR)

No More Posts Available.

No more pages to load.