Dikbudpora KSB ke Jogja, Verifikasi Mahasiswa Calon Penerima Beasiswa

oleh -7 views

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS DIKBUDPORA KABUPATEN SUMBAWA BARAT 

SUMBAWA BARAT, SR (07/11/2016)

Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) masih terus melakukan verifikasi terhadap para mahasiswa calon penerima beasiswa. Pekan ini ditargetkan yang terakhir dengan menyasar para mahasiswa yang mengenyam pendidikan di Jogjakarta. “Pekan ini tim kita akan turun ke Jogjakarta untuk verifikasi terakhir kita,” jelas Kabid Dikmenti Dinas Dikbudpora KSB, Aku Nurrahmadin, S.Pd kepada SAMAWAREA, Senin (7/11).

Sebelumnya pihaknya telah melakukan verifikasi bagi mahasiswa yang kuliah di dalam daerah, termasuk yang kuliah di Mataram dan beberapa kabupaten/kota lainnya di NTB berdasarkan data pemohon yang masuk. “Untuk yang dekat-dekat sudah kita lakukan. Sekarang yang terjauh ini ke Jogja,” cetusnya.

Terhadap data mahasiswa yang telah diverifikasi, Dinas Dikbudpora langsung menginputnya sebagai pemohon resmi. Data para mahasiswa pemohon itu selanjutnya akan diolah untuk kemudian ditetapkan dalam SK sebagai penerima. “Pemohonnya ada sekitar 500-an lebih. Tapi soal nanti berapa yang dinyatakan berhak sebagai penerima itu tergantung SK-nya yang ditetapkan oleh bupati langsung,” timpalnya.

Untuk merealisasikan program beasiswa bagi mahasiswa ini, lanjut Aku Nurrahmadin, Pemda KSB melalui APBD Perubahan 2016 menyiapkan anggaran sekitar Rp 1,52 miliar. Nilai itu mengalami penurunan dari APBD murni yang diajukan Dinas Dikbudpora sebesar Rp 2 miliar. “Seharusnya Rp 2 miliar. Tapi di perubahan (APBDP) dikoreksi atau dikurangi,” ujarnya seraya menambahkan, pengurangan anggaran itu tidak akan mempengaruhi jalannya program beasiswa yang khusus diperuntukkan bagi mahasiswa miskin dan berprestasi itu.

Baca Juga  BSM APBN 2014 Masih Tertahan di Salah Satu Bank

Program beasiswa ini sebenarnya adalah program subsidi pendidikan bagi mahasiswa yang beberapa tahun sebelumnya sempat berjalan. Bedanya, program beasiswa ini hanya diperuntukkan bagi mahasiswa berprestasi dan tidak mampu. Tidak sama pada program subsidi di mana seluruh mahasiswa asalkan tercatat sebagai mahasiswa KSB berhak memperolehnya.

Program ini memiliki persyaratan ketat yang telah ditetapkan pemerintah, ini karena beasiswa yang diterima mahasiswa terhitung cukup besar. Bagi mahasiswa yang dinyatakan memenuhi syarat, untuk jenjang D2 (diploma) hingga S1 (sarjana) akan mendapatkan beasiswa sebesar Rp 3 juta per tahun atau Rp 1,5 juta per semester. Sementara untuk jenjang S2 (pasca sarjana) Rp 10 juta per tahun atau Rp 5 juta per semesternya. “Beasiswa ini sebagai bentuk stimulan kepada mahasiswa kita untuk terus berprestasi secara akademik dan mempertahankannya,” pungkasnya. (HEN/SR)

No More Posts Available.

No more pages to load.