Fakultas Hukum Dibuka, UNSA Gelar Syukuran dan Tandatangani MoU

oleh -72 views

SUMBAWA BESAR, SR (06/11/2016)

Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa Besar menggelar syukuran atas telah dibukanya Fakultas Hukum dengan Program Study Ilmu Hukum, Sabtu (5/11) kemarin. Hadir dalam kegiatan itu, Rektor UNSA Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar M.Pd, Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah, Sekda Sumbawa Drs. H. Rasyidi, Kapolres AKBP Muhammad SIK, Dandim 1607 Letkol ARM Sumanto S.Sos, Direktur Hukum UNSA Dr. Lahmuddin Zuhri SH M.Hum dan sejumlah Wakil Rektor UNSA. Syukuran itu ditandai dengan pemotongan tumpeng yang dilanjutkan dengan penandatanganan MoU dengan sejumlah lembaga. Di antaranya pemerintah daerah, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sumbawa, Fatayat NU, dan 16 kepala desa. Selain itu launching hasil kajian (disertai) Doktor Lahmuddin Zuhri tentang Kerik Selamat sebagai bahan penyusunan kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa. Kemudian digelar Seminar Hukum bertemakan “Nilai-nilai Kerik Salamat Dalam Mewujudkan Pemerintahan yang Berkeadilan” dengan narasumber Wakil Bupati, Rektor UNSA, Kapolres dan Dandim 1607 Sumbawa.

Rektor UNSA, Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar M.Pd, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut sebagai bentuk rasa syukur atas ikhitar yang tidak kenal lelah civitasnya dalam mewujudkan keinginan masyarakat Sumbawa dan sekitarnya untuk kuliah di Fakultas Hukum. Melalui proses yang alot dan melelahkan akhirnya Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) menyetujui Fakultas Hukum Program Studi Ilmu Hukum Universitas Samawa, yang dibuktikan dengan terbitnya SK Menristekdikti No. 430/KPT/I/2016 tertanggal 3 Oktober 2016. Keberadaan Fakultas Hukum ini disambut antusias masyarakat terutama yang sangat berminat untuk mendapat gelar sarjana hukum.

Baca Juga  Wagub Dorong SMPN 2 Mataram Terdepan Kelola Sampah
Rektor UNSA, Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar, M.Pd
Rektor UNSA, Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar, M.Pd

Fakultas Hukum UNSA ungkap Prof Ude—sapaan akrab Rektor UNSA, sudah mulai menerima mahasiswa baru Tahun Akademik 2016/2017 sejak 21 Oktober dan akan berakhir 20 November 2016. Untuk tahap awal penerimaan mahasiswa baru ini ditargetkan hanya 30 orang dengan program studi (Prodi) Ilmu Hukum. Prodi ini memiliki visi ‘menjadi pusat pengkajian, pengembangan dan penerapan ilmu hukum dengan berlandaskan nilai-nilai kearifan local dan berdaya saing global menuju peradaban yang humanis. Sedangkan misinya, melaksanakan pendidikan dan pembelajaran dalam bidang ilmu hukum yang berbasis nilai local dan berkeadilan social, melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu hukum berbasis kearifan local secara jujur dan bertanggung jawab. Selain itu melaksanakan pengabdian pada masyarakat berbasis perjuangan social yang adil dan beradab.

Lebih jauh dikatakan Prof Ude, tujuan dibukanya Prodi ini adalah untuk menghasilkan lulusan yang menguasai nilai-nilai dan budaya Sumbawa sebagai sarana untuk menjawab dan menyelesaikan permasalahan hukum di dalam masyarakat. Menguasai nilai dan budaya Sumbawa guna memperkuat teori dan konsep hukum yang asa sebagai sarana perkembangan ilmu hukum ke depan. Selanjutnya, member ruang untuk memahami, mendalami, mempratikkan keilmuan hukum berbasis nilai dan budaya Sumbawa, guna mewujudkan ketertiban hukum secara local dan nasional dalam bidang kajian keilmuan hukum adat, hukum administrasi negara, hukum pidana, dan hukum perdata.

Di bagian lain, Prof Ude menyambut positif adanya kerjasama dengan berbagai pihak sebagai upaya UNSA melaksanakan tridharma perguruan tinggi. Misalnya dengan Pemda Sumbawa fokus pada penelitian dan pengabdian masyarakat. Menariknya lagi, UNSA menandatangani kerjasama dengan 16 kepala desa di Kabupaten Sumbawa. Implementasi dari kerjasama ini adalah menjadikan sejumlah desa tersebut sebagai desa binaan dan unggulan untuk mengembangkan potensi desa masing-masing. “Dalam kerjasama ini kami akan menurunkan puluhan dosendan mahasiswa untuk mendampingi dan membina desa tersebut guna menggali potensi yang ada dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat setempat,” demikian Rektor low profil ini. (JEN/SR)

 

Baca Juga  Masuk Toko Kuras 175 Juta, Aksi Maling ini Terekam CCTV  

kamtibmas-kapolres-iklan-dua

No More Posts Available.

No more pages to load.