Pemda KSB Bentuk Tim Pengawasan Aturan Ketenagakerjaan

oleh -2 views
Toherudin--Kepala Seksi Hubungan Industrial Disnakertrans KSB

SUMBAWA BARAT, SR (05/11/2016)

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat akan membuat tim terpadu khusus pengawasan dan penegakan peraturan Ketenagakerjaan. Tim ini difokuskan untuk tenaga kerja asing dan luar daerah yang belum memiliki Antar Kerja Antar Daerah (AKAD). Langkah ini diambil karena banyaknya perusahaan atau subkon yang mentransfer karyawan dari luar tanpa ada pemberitahuan ke daerah khususnya KSB. “Kita kuatkan aturan pada AKAD ini untuk memaksimalkan masyarakat lokal bekerja di tanahnya sendiri sesuai dengan aturan yang disepakati oleh setiap perusahaan atau merekrut 50% karyawan orang local,” kata Toherudin–Kepala Seksi Hubungan Industrial Disnakertrans KSB, Sabtu (5/11).

Aturan ini berlaku kepada semua perusahaan di KSB. Untuk starting awal pihaknya sudah melakukan pengawasan dan penegakan aturan kepada PT Trakindo, kemudian subkon, tak terkecuali PT Amman Mineral pengganti PTNNT. “Ada sekitar 130 perusahaan di KSB, dengan angka itu saya optimis bisa mengurangi pengangguran di daerah ini,” kata Toheruddin.

Untuk diketahui tim pengawasan dan penegakan peraturan ketenagakerjaan ini, mengikutsertakan Satpol PP, kepolisian, Imigrasi dan BNN. Tim ini akan melakukan sweeping terhadap sejumlah tenaga kerja di seluruh perusahaan. Namun tindakan itu mengedepankan pembinaan dengan memberikan ruang kepada perusahaan untuk mengurus AKAD hingga batas waktu yang ditentukan. Jika melanggar batas waktu tersebut, tim berhak menyetop karyawan bekerja hingga dia memiliki AKAD. (HEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Diduga Gelapkan Dana, Oknum Karyawan Bank NTB Syariah Alami Amnesia

No More Posts Available.

No more pages to load.