Meriah, Beragam Lomba Warnai Milad UNSA ke-18

oleh -91 Dilihat

SUMBAWA BESAR, SR (03/11/2016)

Meski Milad Universitas Samawa (UNSA) ke-18 masih sebulan lagi, namun kemeriahannya sudah mulai terasa. Sebab untuk menyemarakkan Milad tersebut, mulai hari ini civitas akademika UNSA menggelar berbagai lomba baik internal maupun eksternal. Menandai hal itu Wakil Bupati Sumbawa, Drs H. Mahmud Abdullah melakukan pemukukan gong membuka secara resmi dimulainya rangkaian kegiatan Milad, Rabu (2/11) malam. Hadir dalam kesempatan itu Rektor UNSA, unsur Forkopimda, para dosen dan ratusan mahasiswa di lapangan UNSA.

Ketua Panitia Penyelenggara, M. Salahuddin, S.Ag.,M.Si
Ketua Panitia Penyelenggara, M. Salahuddin, S.Ag.,M.Si

Ketua Panitia Penyelenggara, M. Salahuddin, S.Ag.,M.Si dalam laporannya mengakui menyambut Milad UNSA banyak kegiatan yang dilaksanakan seperti bhakti sosial, kegiatan ilmiah, dan lomba baik kesenian maupun olahraga. Untuk kegiatan ilmiah, selama ini sudah berjalan yang dilakukan oleh fakultas-fakultas, mahasiswa dan program studi di lingkungan Universitas Samawa. Salah satunya agendanya yaitu melaksanakan lomba poster untuk hasil karya riset, buku, dan pengabdian yang dilaksanakan oleh mahasiswa dan dosen UNSA. Kemudian kegiatan olahraga dan seni di antaranya lomba duta UNSA, video pendek, menggambar, foto, seni belajar menulis essay dan pelayanan umum. Panitia juga menggelar Pekan Olahraga Kampus seperti lomba volly, tenis meja, takraw dan lainnya. “Untuk keikutsertaan dosen dalam kegiatan ini bertujuan mempererat jalinan silaturahmi, dan untuk mahasiswa target kita menjaring atlet berprestasi. Karena tidak jarang kita temukan atlet-atlet berprestasi di tingkat nasional maupun internasional lahir dari perguruan tinggi. Selanjutnya para pelajar dan umum untuk menjaring dan membina serta ikut berpartisipasi dalam memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga  Sekolah Guru Indonesia Wisudakan Angkatan 41 di Sumbawa Barat

Diakui Salahuddin, banyak mahasiswa UNSA yang memiliki prestasi nasional maupun internasional. Ia berharap Pekan Olahraga Mahasiswa yang digelar hingga 12 November mendatang dapat menjaring atlet-atlet berprestasi agar dapat menyamai atau melebihi prestasi yang sudah dicapai sebelumnya.

UNSA Didirikan dari Nol Koma Kosong

Sementara Rektor UNSA, Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar, M.Pd menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada panitia yang telah mempersiapkan kegiatan ini secara matang. Ia berharap kegiatan dalam rangka Milad UNSA tersebut berjalan lancar, dan sukses. Puncaknya pada malam tahun baru nanti para juara akan diumumkan dan diberikan hadiah menarik. Diakui Prof Ude—sapaan akrab Rektor parlente ini, ada 18 jenis mata lomba pada Milad ini. Jumlahnya disesuaikan dengan usia UNSA yang ke-18.

Rektor UNSA, Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar M.Pd
Rektor UNSA, Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar M.Pd

Di bagian lain Prof Ude menceritakan perjalanan UNSA hingga 18 tahun yang penuh dinamika. Universitas tertua di Pulau Sumbawa ini didirikan dengan susah payah dan modalnya 0,0. Didasarkan niat iklas para pendirinya, UNSA pun tetap berkiprah dan kian hari semakin berkembang pesat. Dengan usia yang sudah dewasa, lanjut Prof Ude, UNSA terus bangkit dan mulai menunjukkan diri bukan hanya di tingkat regional dan nasional tapi juga global. Prestasi yang dicapai UNSA pun cukup membanggakan. Dari semua perguruan tinggi di NTB hanya 6 yang sudah terakreditasi secara institusi. Bahkan seluruh program studi yang ada di UNSA ini sudah terakreditasi semua. Pada akhir tahun ini pihaknya akan mengusulkan semua program studi sehingga tahun depan minimal terakreditasi B. Bukan secara kelembanggaan, prestasi dosen dan mahasiswa terus mentereng. Untuk dosen, dari segi riset penelitian bidang pengabdian dan lainnya UNSA berhasil menempati rangking kedua setelah UNRAM di NTB. Prestasi mahasiswa juga tak mau kalah. Mulai tahun ini lanjut Prof Ude, UNSA akan mengidentifikasi calon mahasiswa berprestasi dari seluruh SMA/SMK di Sumbawa. UNSA akan mengupayakan untuk menggratiskan kuliahnya. “Kalau ada yang berpotensi di SMA, SMK dan MA silahkan masuk UNSA, kita akan usahakan beasiswa hingga tamat,” cetusnya.

Baca Juga  UTS Partisipasi dalam Diseminasi Hak Cipta dan Royalti Karya

milad-unsa-1Bukan hanya yang berstatus mahasiswa, lanjut Prof Ude, yang diwisuda tahun ini akan disiapkan bonus khusus. Demikian dengan dosen yang berprestasi terutama dalam lomba karya tulis ilmiah bisa diusulkan untuk gratis umroh melalui Albilad. “Kami ingin melalui berbagai kreatifitas ini dapat mendorong dosen dan mahasiswa untuk terus berkarya. Karena fungsi tugas kita di Kampus ini salah satunya mengembangkan dan mewujudkan tri darma perguruan tinggi. Jadi dosen dan mahasiswa itu harus betul-betul mengimplementasikan atau memberikan karya nyata di bidang pendidikan dan penelitian,” bebernya.

Menyinggung kegiatan puncak Milad UNSA, Prof Ude akan dilaksanakan secara meriah. Pihaknya akan menyiapkan seratusan kembang api dan menggelar berbagai macam atraksi sebagai upaya menunjukkan eksistensi UNSA yang selama ini kerap diabaikan. “Semoga pada masa pemerintahan Husni-Mo ada perhatian, sehingga UNSA tetap menjadi perguruan tinggi kebanggaan daerah dan masyarakat,” pungkasnya. (JEN/SR)

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *