Dibuka Wagub NTB, PEDA XV Dihadiri 400 Peserta

oleh -105 Dilihat

MATARAM, SR (02/11/2016)

Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin SH., M.Si, membuka Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA) XV Provinsi NTB Tahun 2016 di Asrama Haji NTB, Rabu (2/11). Kegiatan yang akan dilaksanakan mulai hari ini hingga 4 November mendatang merupakan ajang pertemuan para petani dan nelayan dan petani hutan se-NTB untuk melakukan konsolidasi, penguatan kelembagaan, pengembangan diri, tukar-menukar informasi, pengembangan jejaring kerjasama.

Tak kurang dari 400 peserta dari 10 kabupaten/kota yang terdiri dari 300 orang pengurus koperasi tani, pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) dan Asosiasi Petani, Nelayan dan Petani Hutan dan 100 orang pendamping dan peninjau memadati arena PEDA. Para peserta akan melaksanakan beberapa kegiatan seperti asah terampil, unjuk tangkas, temu karya, temu usaha, gelar dan temu teknologi serta pameran hasil dan teknologi pertanian.

Baca Juga  Gubernur Beri Motivasi UMKM Hadapi Pandemi COVID-19

pedaKetua KTNA Provinsi NTB, Sabri M.Amin dalam sambutannya menyampaikan komitmen KTNA Provinsi NTB dalam memajukan pertanian NTB bersama penyuluh untuk mengedukasi dan mensejahterakan petani. “KTNA siap mendukung penyuluh berjaya seperti di masa lalu yang membuat NTB berswasembada dengan mendukung pendataan kelompok tani di NTB,” tegasnya di hadapan Wagub, Petani dan Penyuluh se-NTB.

Pada acara pembukaan PEDA tersebut juga dilakukan pemberian tropi dan piagam penghargaan oleh Wakil Gubernur NTB kepada para pemenang lomba-lomba di antaranya Sudirman dari Gerung Lombok Barat yang meraih juara satu Petani Berprestasi, Erly Nurwahmaty dari KSB dan Irwan Hariady dari Lombok Tengah yang mendapat hadiah Umrah karena menjadi penyuluh pertanian PNS teladan serta mata lomba lainnya seperti penyuluh swadaya teladan, balai penyuluhan kecamatan berprestasi, gabungan kelompok tani berprestasi dan kelembagaan ekonomi petani berprestasi.

Baca Juga  Wamen Keuangan Resmikan Kerjasama STAN—UTS

peda-1Wagub berharap para penyuluh dan petani teladan dapat berkiprah lebih untuk memajukan pertanian yang menjadi komoditi utama NTB. Ia juga menyemangati para petani untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi agar siap bersaing dalam pasar bebas. “Jangan kalah dengan produk pertanian dari luar, kita harus siap menghadapi pasar bebas Karena kita tidak mungkin bisa membendungnya,” kata orang nomor dua di NTB ini.

H Muh Amin juga berjanji untuk mengitervensi tata niaga pertanian untuk  kesejahteraan petani. “Harmonisasi dan sinkronisasi kebijakan pemerintah pusat dan daerah akan terus kami upayakandan tata niaga paska panen dengan hasil melimpah akan diintervensi pemerintah untuk mencegah inflasi dan menambah nilai tambah pemerintah,” demikian tutup putra asal Sumbawa tersebut. (NA/SR)

pilkada mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *