2017, Pemda KSB Harus Punya Program Unggulan

oleh -3 views
Sekretaris Komisi II DPRD KSB, Abidin Nasar SP MP

SUMBAWA BARAT, SR (31/10/2016)

Muncul banyak harapan pada Pembahasan APBD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) Tahun 2017. Salah satunya dari DPRD setempat yang menginginkan pada pemerintahan Dr. Ir. H.W. Musyafirin MM—Fud Syaifuddin ST memiliki satu program unggulan yang berkaitan dengan Peraturan Daerah Program Gotong-royong (PDPGR) dan rumpun hijau. “Kami ingin ada warna program unggulan yang ditawarkan oleh Pemda KSB yang bersinergi dengan PDPGR terutama dalam rumpun hijau,” kata Anggota Komisi II DPRD KSB, Abidin Nasar kepada SAMAWAREA, Senin (31/10).

Ia menilai bupati merancang PDPGR masih dalam kerangka umum sehingga bisa bersinergi dengan program apapun yang akan dicanangkan oleh dinas tekhnis yang mengedepankan sinergitas semua elemen dalam pelaksanaanya, sehingga output-nya benar-benar terlihat. “Jangan kita terpaku pada satu SKPD saja karena setiap SKPD mempunyai peran masing-masing yang berkaitan erat antara SKPD satu dengan yang lainnya. Jika ini tidak tidak bersinergi tidak akan mungkin pelaksanaan semua program itu maksimal sesuai dengan PDPGR itu sendiri,” bebernya.

Ketika akan menargetkan agroindustri, tapi tidak ada program yang bisa diandalkan untuk menjadikan KSB ini sebagai daerah agroindustri. Rumput laut tidak ada kemajuan, pemanfaatan rumah potong hewan belum maksimal, dan sisal di Sekongkang belum menunjukkan kemajuan sedikitpun. Dapat disimpulkan bahwa di bidang pertanian belum ada yang bisa diandalkan sebagai komoditi unggulan KSB. Pasalnya sampai sekarang belum ada sinergi yang kuat antara SKPD yang satu dengan lainnya. Ia mencontohkan jagung yang masuk dalam salah satu Upsus (upaya khusus) pemerintah, saat panen harganya anjlok. Ini karena antara pertanian, BKP5K dan Diskoprindag berjalan masing-masing bahkan ada yang tidak berfungsi dengan baik. “Karena itu di Tahun 2017 ini, kami harap Bappeda sebagai top leader bisa memperkuat peran masing-masing SKPD supaya semuanya maksimal,” pungkasnya. (HEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Mitos yang Salah “Banyak Makan Ikan Bisa Cacingan”

No More Posts Available.

No more pages to load.