Pimpinan DPRD Minta Festival Moyo Dievaluasi Total

oleh -5 views

SUMBAWA BESAR, SR (30/10/2016)

Wakil Ketua DPRD Sumbawa, Kamaluddin ST M.Si berharap agar Festival Moyo 2016 yang baru usai dilaksanakan belum lama ini dapat dievaluasi secara total. Evaluasi ini sangat penting untuk mengetahui tingkat keberhasilannya. Politisi PPP ini mencontohkan Kota Bandung. Kota Ridwan Kamil ini hidup dari tiga aspek yaitu fashion, kuliner dan festivalnya. Ketika festival digelar, Walikota langsung mengevaluasinya. Ketika tidak berdampak pada peningkatan ekonomi, festivalnya dihentikan.

Terkait Festival Moyo, Kamal mengakui memiliki dampak tapi tidak terlalu besar. Kegiatan itu dikatakan berhasil jika memberikan dampak yang sangat luar biasa kepada masyarakat. Ketika ada festival, masyarakat harus bisa benar-benar merasakan keberadaannya. Menurutnya, daripada buang dana miliaran rupiah, lebih baik sisihkan Rp 100—200 juta untuk dilakukan survey. Jika hasil survey tidak dirasakan manfaatnya, lebih baik baik distop.

 

adat barumpuk
adat barumpuk

Hal berbeda dikatakan Ketua DPRD Sumbawa, Lalu Budi Suryata SP. Secara kasat mata, pelaksanaan Festival Moyo berhasil. Dibuktikan dengan hunian hotel yang padat, penerbangan ke Sumbawa penuh. Selain itu para pedagang meraup keuntungan cukup besar dari hasil dagangannya. “Ini merupakan salah satu indikator keberhasilan,” ucapnya.

Kemudian semua item kegiatan Festival Moyo terlaksana dengan baik. Penyelenggaraan Festival Moyo tahun ini dinilai sangat komplit karena semua masyarakat bisa menyalurkan hobynya seperti lari, bersepeda dan trail. Hanya yang harus menjadi catatan, pada pelaksanaan kegiatan Festival Moyo mendatang, harus lebih diorganisir. Di antaranya melibatkan event organizer (EO). “Pemda yang memberikan konsep kemudian dijalankan oleh Event Organizer, sehingga gema kegiatannya bisa diketahui secara nasional, bahkan dunia,” pungkasnya. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Rumah Zakat Sigap Bantu Korban Banjir di Langam

No More Posts Available.

No more pages to load.