“The Wall Culture” Karya Mahasiswa UTS Juara 3 Nasional

oleh -8 views

JAKARTA, SR (29/10/2016)

Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa kembali mengukir prestasi di kancah nasional. Ridho Alpharabi dan Rizki Septian Anwar—keduanya mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) UTS berhasil menjadi juara tiga nasional pada Lomba Inovasi Teknologi dari Inotech di bidang Science Project. Keberhasilan ini setelah alat prototype yang bernama “The Wall Culture” ciptaannya ini memikat hati dewan juri. “The Wall Culture” ini merupakan terobosan cara bertani di lahan sempit dengan cara menanam di dinding secara vertical menggunakan media tanam berupa pipa paralon yang diberi lubang. Komoditi yang dihasilkan dari metode pananaman ini juga tidak dapat diragukan lagi. Komoditas yang mampu dihasilkan dari bercocok tanam melalui media tersebut lebih banyak. “Wall cultur” menurut Ridho adalah pengembangan dari pengalaman pribadi yang bercocok tanam dengan memanfaatkan lahan kosong di rumah mereka. Ridho mengaku mencoba bercocok tanam menggunakan cara konvensional. Namun hasil yang didapatkan tidak seberapa. Diapun mulai menginovasi metode cocok tanam yang ia terapkan mulai dari menggunakan polibag hingga metode wall culture yang dibuatnya. Akhirnya, dari “the wall culture” hasil yang didapatkan berlipat.uts-fateta-juara-3uts-fateta-juara-2

Dalam ajang Lomba Inovasi Teknologi Inotech tersebut, Tim UTS bersaing dengan 4 tim lain dari kampus-kampus ternama seperti IPB, UGM, dan UI. “Saya merasa sangat bahagia dan bangga, ide kami yang dikembangkan ternyata mampu berkompetisi dengan ide-ide luar bisa dari universitas lain di Indonesia,” kata Ridho.

Baca Juga  AKOM Olat Maras Segera Miliki Gedung

Ia berharap, “the wall culture” ini nantinya dapat dijadikan terobosan terbaru dalam bidang teknologi pertanian dengan memanfaatkan lahan sempit bagi petani, ibu rumah tangga, dan masyarakat secara umum di Sumbawa. (JEN/SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.