Dengan “Si Cakep” Urus SKCK Bisa dari Rumah

oleh -224 views
Kapolresta Mataram, AKBP Muhammad SIK

SUMBAWA BESAR, SR (29/10/2016)

Polres Sumbawa berhasil mengimplementasikan program Kapolri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat berbasis IT. Hal ini ditandai dengan launching “Si Cakep” (Aplikasi Catatan Kepolisian). Si Cakep ini khusus diterapkan dalam pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) atau yang populer disebut Surat Keterangan Kelakuan Baik.

Untuk mendapatkan SKCK ini, masyarakat tidak perlu lagi datang mengisi data ke Polres Sumbawa. Pengisian itu bisa dilakukan di rumah atau dimana saja, tanpa terikat jam kerja. “Hari ini kami sudah melaunching SKCK Online dengan nama Si Cakep. Ini salah satu inovasi dalam mengimplementasikan program Kapolri,” kata Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad SIK yang ditemui SAMAWAREA, Jumat (28/10) kemarin.

Dengan diterapkannya SKCK online ungkap Kapolres, pemohon SKCK tidak perlu datang ke Sat Intelkam Polres Sumbawa seperti yang selama ini dilakukan untuk mengisi data-data blangko yang ada, yang mungkin bisa membutuhkan waktu yang lama. Masyarakat bisa membuka layanan dengan mengklik Sicakep.SumbawaPolres.info. “Dengan membuka aplikasi itu, pemohon SKCK langsung mengisi sendiri data-data seperti nama, alamat, nomor KTP, dan data lainnya,” ujarnya.

Setelah datanya masuk, operator langsung bisa membaca data-datanya dan mengecek apakah pemohon pernah melakukan pelanggaran atau tidak. Besok datang ke Polres untuk langsung mengambil hasilnya. Ditanya bagaimana dengan pas photo dan sidik jari, dibawa sendiri dan untuk sidik jarinya masih tetap di Polres. Aplikasi itu paling tidak pemohon tidak perlu menunggu proses pengisian data. Kapolres berharap melalui pelayanan tersebut masyarakat mendapat kemudahan, tentunya hemat waktu, dan biaya. (JEN/SR)

No More Posts Available.

No more pages to load.