Home / Pendidikan / Peringatan Sumpah Pemuda di Plampang Berlangsung Semarak

Peringatan Sumpah Pemuda di Plampang Berlangsung Semarak

SUMBAWA BESAR, SR (28/10/2016)

Selama ini Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kecamatan Plampang, vakum. Namun pada tahun ini, peringatan hari bersejarah tersebut berlangsung cukup semarak, setelah diinisiasi SMA Negeri 1 Plampang. Dalam peringatan yang diawali upacara bendera, jajaran pramuka setempat melakukan berbagai atraksi yang membuat decak kagum para peserta upacara termasuk masyarakat yang hadir.

sumpah-pemuda-plampang-1Pembina Pramuka SMAN 1 Plampang, Sarifuddin yang ditemui SAMAWAREA mengatakan, peringatan Hari Sumpah Pemuda memiliki sejarah penting di repbulik ini. Sangat keliru jika tidak dirayakan. Untuk itu SMAN 1 Plampang bersama Pramuka setempat menginisiasinya agar momen penting tersebut selalu diingat pemuda-pemudi penerus bangsa.

Sementara Kepala SMUN 1 Plampang, Afendi S.Pd., M.Pd dalam pidatonya menyampaikan terimakasih kepada siswanya yang tergabung di dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka, sebab terlaksananya kegiatan itu merupakan gagasan pramuka. Peringatan ini ungkap Apendi, sebagai wujud menghargai jasa para pahlawan kusuma bangsa. Sebab bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. “Sudah tidak jamannya kita perang seperti dulu melawan penjajah mengangkat senjata mengorbankan jiwa raga dan harta benda untuk mendirikan Republik ini. Kita hanya diminta berdiri di sini sekitar 20-30 menit untuk kita hargai apa yang telah dilakukan para pendahulu kita melalui peringatan Sumpah Pemuda,” katanya.

sumpah-pemuda-plampang-2Lahirnya Indonesia ungkap Apendi, bagian dari tekad para pemuda pada jaman itu. Sebelumnya mereka bercerai-berai dengan nama daerah masing-masing seperti Yong Java, Yong Ambon dan lainnya. Karena itu mereka berkumpul menjadi satu menggelar Kongres hingga akhirnya muncul sumpah pemuda melebur menjadi orang Indonesia dan berjuang mengusir penjajah. “Sejarah inilah yang harus kita ingatkan kembali agar semangat pemuda dalam membangun bangsa dan mengisi kemerdekaan terus bergelora,” pungkasnya. (BUR/SR)

Lihat Juga

600 Lebih Siswa SMAN 1 Plampang Dapat Kuota Internet Gratis

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (7/8/2020) SMAN 1 Plampang memberikan kuota internet gratis ke seluruh siswanya yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *