Ayo Buruan Daftar di Fakultas Hukum UNSA

oleh -80 views

SUMBAWA BESAR, SR (27/10/2016)

Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa Besar, kini semakin diminati. Hal ini setelah kampus terkemuka di Pulau Sumbawa tersebut membuka satu fakultas lagi dari lima fakultas terakreditasi yang ada. Adalah Fakultas Hukum dengan Program Studi Ilmu Hukum. Keberadaan Fakultas Hukum ini merupakan ikhtiar yang panjang jajaran kampus di bawah kepemimpinan Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar M.Pd. Setelah melalui proses yang alot dan melelahkan akhirnya Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) menyetujui Fakultas Hukum Program Studi Ilmu Hukum Universitas Samawa, yang dibuktikan dengan terbitnya SK Menristekdikti No. 430/KPT/I/2016 tertanggal 3 Oktober 2016. Keberadaan Fakultas Hukum ini disambut antusias masyarakat terutama yang sangat berminat untuk mendapat gelar sarjana hukum.

Kandidat Dekan Fakultas Hukum UNSA, Dr. Lahmuddin Zuhri SH MH yang ditemui SAMAWAREA belum lama ini, mengatakan, Fakultas Hukum UNSA sudah mulai menerima mahasiswa baru Tahun Akademik 2016/2017 sejak 21 Oktober dan akan berakhir 20 November 2016. Untuk tahap awal penerimaan mahasiswa baru ini ditargetkan hanya 30 orang dengan program studi (Prodi) Ilmu Hukum.

Prodi ini memiliki visi ‘menjadi pusat pengkajian, pengembangan dan penerapan ilmu hukum dengan berlandaskan nilai-nilai kearifan local dan berdaya saing global menuju peradaban yang humanis. Sedangkan misinya, melaksanakan pendidikan dan pembelajaran dalam bidang ilmu hukum yang berbasis nilai local dan berkeadilan social, melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu hukum berbasis kearifan local secara jujur dan bertanggung jawab. Selain itu melaksanakan pengabdian pada masyarakat berbasis perjuangan social yang adil dan beradab.

Baca Juga  Grebeg Kediaman Pengedar, Polisi Temukan 4 Poket Shabu

Lebih jauh dikatakan Doktor Lahmuddin, tujuan dibukanya Prodi ini adalah untuk menghasilkan lulusan yang menguasai nilai-nilai dan budaya Sumbawa sebagai sarana untuk menjawab dan menyelesaikan permasalahan hukum di dalam masyarakat. Menguasai nilai dan budaya Sumbawa guna memperkuat teori dan konsep hukum yang asa sebagai sarana perkembangan ilmu hukum ke depan. Selanjutnya, member ruang untuk memahami, mendalami, mempratikkan keilmuan hukum berbasis nilai dan budaya Sumbawa, guna mewujudkan ketertiban hukum secara local dan nasional dalam bidang kajian keilmuan hukum adat, hukum administrasi negara, hukum pidana, dan hukum perdata. “Kami memiliki tenaga pengajar yang berkompeten di bidangnya serta berkualifikasi S2, S3, dan guru besar (professor) yang telah memenuhi syarat sebagai dosen berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 37 Tahun 2009 tentang Dosen,” jelasnya.

Untuk mahasiswa UNSA, berkesempatan mendapatkan beasiswa yang disediakan Kemenristek Dikti berupa beasiswa peningkatan prestasi akademik, beasiswa bantuan belajar mahasiswa, dan beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu.

Dalam proses perkuliahan, UNSA memiliki beragam fasilitas mulai dari dua buah kampus dan ruang kuliah yang representative, perpustakaan yang menyediakan koleksi buku referensi pokok dan umum, auditorium serbaguna, laboratorium (fisika, biokimia, teknik, bahasa, micro teaching dan lainnya), hingga sarana pengembangan minat dan bakat mahasiswa, serta mushollah dan kantin. (JEN/SR)

 

komisi-pemilihan-umum-sumbawa

No More Posts Available.

No more pages to load.