16 Ketua TP PKK Kecamatan Dilantik

oleh -45 views

SUMBAWA BESAR, SR (25/10/2016)

Ketua TP PKK Kabupaten Sumbawa Hj. Amien Rahmani Husni Djibril melantik 16 orang Ketua TP PKK Kecamatan, di Wisma Daerah Kabupaten Sumbawa, Selasa (25/10). Mereka yang dilantik ini di antaranya Ketua TP PKK Kecamatan Rhee, Ketua TP PKK Kecamatan Sumbawa, dan Ketua TP PKK Kecamatan Labangka.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kabupaten Sumbawa Hj. Amien Rahmani Husni Djibril menyampaikan ucapan selamat dan berharap Ketua TP PKK Kecamatan terpilih mampu mendukung visi Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa periode 2016-2021 yakni “Terwujudnya Masyarakat Sumbawa yang Berdaya Saing, Mandiri, dan Berkepribadian Berlandaskan Semangat Gotong Royong”. Gerakan PKK merupakan gerakan dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat. Tujuannya memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

Disebutkan Hj Amien Rahmani, ada beberapa prinsip pemberdayaan yang perlu dipahami yaitu menumbuhkan kemampuan kader, peran serta dan semangat gotong royong masyarakat, menggalang kemitraan dengan berbagai pihak dan melengkapi data-data setiap kelompok kerja serta menyusun laporan. Selain itu untuk memberi nilai tambah bagi para kader dalam mewujudkan pengelolaan gerakan PKK dalam pengorganisasian maupun pelaksanaan program kerja PKK, TP PKK Kecamatan harus mampu menyesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakatnya. Hal yang tidak kalah penting, gerakan PKK harus mampu mewujudkan keluarga-keluarga sehat, sejahtera, mandiri dan dapat menjadi institusi yang handal.

Baca Juga  Wagub NTB dan Kapolsek Aikmel Saling “Gebuk”

tp-pkk-dilantik-1Gerakan PKK tumbuh dan berkembang karena adanya keinginan dari masyarakat untuk memperbaiki kualitas hidup dengan berbagai upaya peningkatan kesejahteraan. Upaya tersebut meliputi aspek kebutuhan manusia yang dituang dalam 10 program pokok PKK, yang sampai saat ini masih relevan dalam kehidupan. “Pergantian Ketua TP PKK Kecamatan adalah hal biasa. Menjadi Ketua TP PKK bukanlah pilihan, melainkan amanat. Sehingga pelantikan dan serah terima jabatan para Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan ini merupakan upaya untuk penguatan kelembagaan/organisasi PKK secara berjenjang. Perlu diingat bahwa Tim Penggerak PKK berperan sebagai motivator, fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak. Pembinaan teknis kepada keluarga dan masyarakat dilaksanakan dalam kerjasama dengan unsur dinas instansi pemerintah terkait,” ungkapnya.

Asisten Pemerintahan Sekda Kabupaten Sumbawa Dr. H. Muhammad Ikhsan M.Pd yang membacakan sambutan Bupati Sumbawa berharap TP PKK kecamatan yang baru dilantik dapat melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab serta dapat meningkatkan kinerja organisasinya di masa mendatang, mampu mendukung program-program pemerintah daerah mewujudkan Sumbawa yang hebat dan bermartabat.

Kepada para Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan yang lama, disampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas dedikasi, loyalitas dan pengabdian yang telah diberikan selama ini dalam menjalankan tugas. Melalui gerakan PKK, hal-hal yang menyentuh kehidupan keluarga dan masyarakat secara langsung, dapat diarahkan dan diberdayakan secara lebih optimal. Untuk itu kepada para camat yang sekarang menjadi Ketua Pembina Tim Penggerak PKK Kecamatan, agar dapat memberikan dukungan dan fasilitasi berjalannya program kerja Tim Penggerak PKK Kecamatan dengan baik. Dengan didasari oleh semangat dan keinginan untuk berbuat lebih baik dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan kehidupan keluarga, segenap Tim Penggerak PKK Kecamatan akan mampu mengemban tugas yang mulia tersebut. (JEN/SR)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.