Serapan Anggaran di PU KSB, Minim

oleh -6 views

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN SUMBAWA BARAT

Amar: Karena Ada Tambahan Anggaran APBD-P

SUMBAWA BARAT, SR (24/10/2016)

Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sumbawa Barat mendapat tambahan pekerjaan fisik pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) Tahun 2016. Tambahan anggaran mencapai 100 persen ini merupakan upaya pemerintahan Dr. Ir. HW. Musyafirin MM–Fud Syaifuddin ST dalam mewujudkan program-program fisik yang telah dicanangkannya. Sebab APBD Murni yang ditetapkan pada Tahun 2016 dan telah berjalan adalah warisan pemerintahan Dr. KH. Zulkifli Muhadli–H. Mala Rahman S.Pd. Dan APBD Murni tidak sepenuhnya mencakup program pemerintahan saat ini.

Sekretaris Dinas PU KSB, Amar Nurmansyah yang ditemui SAMAWAREA, Senin (24/10), mengakui jika tambahan pekerjaan fisik yang dianggarkan melalui APBD-P ini mencapai 100 persen. Hasil perhitungan, jika tidak ada tambahan pekerjaan fisik ini, ungkap Amar, pihaknya sudah mendapat realisasi serapan anggaran APBD murni 2016 mencapai 80%.

Secara rinci berdasarkan data September, serapan anggaran atau realisasi fisik bidang SDA Rp 34,5 Milyar sudah terealisasi Rp 13,5 M (39,23%). Di Bidang Bina Marga, dari total anggaran Rp 123,8 M sudah terealisasi Rp 56 M, atau 45,47 %. Sementara untuk Cipta Karya Rp 20,3 M terealisasi fisik 44%, realisasi keuangannya 28%.

Minimnya serapan anggaran ini, kata Amar, salah satunya karena rata-rata kontraktor hanya mengambil uang muka dan ketika pekerjaan fisiknya sudah 100%, baru mengajukan pembayaran. Ini biasanya di akhir-akhir tahun, meski sebenarnya sesuai kontrak rekanan harus mengajukan pencairan setiap bulannya. Kendati demikian, Amar menyatakan optimismenya untuk menyelesaikan kegiatan itu tepat waktu. “Semua sudah selesai dilelang dan progres di lapangan sudah bisa di atas 60%,” tandasnya. (HEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  DVI Polri Identifikasi Jenazah Penumpang Jannatun Shintya Dewi

No More Posts Available.

No more pages to load.