Sumbawa Ikut Pekan Produk Budaya Nusantara Expo & Forum 2016

oleh -83 Dilihat

JAKARTA, SR (20/10/2016)

Kabupaten Sumbawa saat ini sedang gencar-gencarnya melakukan upaya promosi potensi daerah guna membangun daya saing yang bersinergi dengan daerah lain, pemerintah pusat maupun para investor. Dengan mengusung semboyan “Sumbawa Investasi Bersahabat”,  Kabupaten Sumbawa yang dimotori Badan Penanaman Modal dan Lingkungan Hidup (BPM-LH) mengikuti Pekan Produk Budaya Nusantara Expo dan Forum 2016 yang digelar Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan bersama Kementerian Dalam Negeri di Jakarta. Agenda promosi ini dibuka secara resmi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani atas nama Presiden RI di Taman Mini Indonesia Indah, Rabu (19/10). Turut hadir pada acara ini Mendagri Tahjo Kumolo, Mendes PDTT Eko Putro Sanjoyo, Gubernur Kalteng dan beberapa pimpinan lembaga dan daerah lainnya.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani

Dalam sambutannya, Menko Puan menyatakan bahwa acara ini dilaksanakan untuk mempertegas kepribadian dan jatidiri bangsa sesuai amanat Trisakti, sebagaimana menjadi visi pembangunan nasional saat ini. “Melalui kegiatan ini, kita berupaya untuk membangun potensi produk budaya sebagai kekuatan memperteguh semangat Bhinneka Tunggal Ika yang sekaligus juga memperkuat potensi perekonomian rakyat,” ungkap Menko PMK membacakan sambutan Presiden RI.

Baca Juga  NTB Gemilang Adalah Spirit Membangun Daerah

Lebih lanjut Menko Puan menyampaikan bahwa produk-produk budaya di Indonesia sangat beragam, seperti batik, kain tenun, jamu, kuliner, seni tari, seni lukis, seni patung dan sebagainya telah lama berkembang di tengah masyarakat. Produk budaya ini bukan hanya sebagai ekspresi budaya, tetapi dituntut untuk memiliki nilai ekonomis sehingga dapat bertahan dalam perkembangan dan tuntutan jaman. Terkait dengan budaya, Menko Puan mengajak pemerintah daerah yang memiliki aset sebagai Kota Pusaka dapat segera melakukan optimalisasi pengelolaan dan pelestarian sehingga dapat menjadi tujuan wisata. “Dengan semangat gotong royong kita memajukan budaya Indonesia, kita tumbuh kembangkan cinta tanah air dengan menanamkan jiwa cinta produk dalam negeri sebagai bentuk membangun kemandirian dan kepribadian bangsa,” ucap Menko Puan mengakhiri sambutannya.

Dirjen Politik dan PUM Kemendagri Soedarmo mencicipi  Madu Sumbawa
Dirjen Politik dan PUM Kemendagri Soedarmo mencicipi Madu Sumbawa

Bupati Sumbawa diwakili Kepala Badan Penanaman Modal dan Lingkungan Hidup, Ir. Sigit Wratsongko, Sekretaris BPM-LH Drs. Burhanuddin MTP, Kepala Bidang Penanaman Modal Khotot Purwapriatna BA di sela-sela pembukaan acara tersebut di Pelataran Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah, menyatakan bahwa keikutsertaan Kabupaten Sumbawa merupakan upaya strategis untuk terus memperkenalkan produk-produk Sumbawa serta potensi andalan Kabupaten Sumbawa guna menarik para pelaku usaha untuk berinvestasi di Kabupaten Sumbawa. “Peningkatan investasi di Kabupaten Sumbawa menjadi sasaran utama kesertaan dalam kegiatan ini,” ujar Sigit.

Baca Juga  Kunjungan Wisman Melonjak, Gubernur Ajak Warga NTB Persiapkan Diri

Pada event kali ini Kabupaten Sumbawa menampilkan berbagai produk budaya dan kerajinan masyarakat Sumbawa, visualisasi potensi andalan kabupaten Sumbawa. Acara yang direncanakan akan dilaksanakan hingga 23 Oktober mendatang, akan diikuti lintas SKPD di Kabupaten Sumbawa antara lain Pameran Nusantara Expo dan Forum 2016, Panggung Merah Putih, Forum Ekonomi, Forum SDG’s dan Ketahanan Pangan, Dialog Masyarakat, Karnaval Budaya. Memeriahkan Karnaval Budaya. Pada event Panggung Merah Putih akan menampilkan tarian “Kemang Paralu” sedangkan pada event Karnaval Budaya akan berkolaborasi Tim dari Kabupaten Sumbawa dengan Ikatan Keluarga Sumbawa (IKASUM) Jaya. (JEN/SR)

pilkada mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *