Imigrasi Sumbawa Tolak Ratusan Pemohon Paspor Kunjungan

oleh -93 Dilihat
Kepala Imigrasi Klas II Sumbawa Besar, Drs Syarifullah

SUMBAWA BESAR, SR (20/10/2016)

Kantor Imigrasi Kelas II Sumbawa menolak ratusan pemohon passport terutama passport kunjungan (Pasport 48). Sebagian besar yang ditolak ini adalah pemohon yang beralasan mengunjungi keluarganya di Malaysia. Sebab selama ini alasan itu kerap dijadikan modus untuk bekerja di negeri jiran tersebut. karenanya pihak Imigrasi kian memperketat pelayanan tersebut.

Kepala Kantor Imigrasi Sumbawa, Drs. Syahrifullah, Kamis (20/10) menyebutkan dalam dua bulan ini sudah hampir 200 berkas pemohonan passport yang ditolak yakni Bulan September 90 orang lebih dan Oktober sudah 100 orang berkas ditolak. Para pemohon ini berasal dari empat Kabupaten di Pulau Sumbawa. Penolakan ini tidak serta merta. Pihaknya melakukan pengecekan mulai dari dokumen persyaratan yang dibawa seperti KTP, KK, Akta Kelahiran atau buku nikah. Kelengkapan dokumen ini tidak cukup untuk dikabulkannya berkas permohonan bagi penerbitan passport. Pihaknya melakukan pengecekan lapangan terhadap dokumen yang diajukan pemohon. Selain itu pemohon akan diinterview memastikan kebenaran dan tujuan kunjungan. Dari interview ini baru terungkap modus tersebut. “Alasannya mengunjungi keluarga. Saat kita tanya hubungan dengan keluarganya di Malaysia, dan dimana dia bekerja, pemohon ini tidak tahu. Ya kami tolak daripada muncul permasalahan di kemudian hari,” kata Syahrifullah.

Baca Juga  Jembatan Gantung Utan Mulai Dibidik Jaksa

Ia membantah cara yang dilakukan untuk mempersulit para pemohon yang hendak mengunjungi keluarganya di luar negeri, tapi semata-mata mengantisipasi adanya TKI yang hendak bekerja melalui jalur nonprosedural. Jika bermasalah, Imigrasi kerap dipersalahkan. (JEN/SR)

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *