TMMD di Kecamatan Moyo Utara Tuntas dan Sukses

oleh -42 views

SUMBAWA BESAR, SR (19/10/2016)

Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-97 di Desa Baru Tahan, Kecamatan Moyo Utara, Kabupaten Sumbawa, berlangsung sukses. Semua item dalam kegiatan tersebut telah mencapai 100 persen dan sudah bisa dimanfaatkan masyarakat. Bertempat di Lapangan Bola Desa Baru Tahan, Rabu (19/10), kegiatan yang telah berlangsung sejak 20 September ini resmi ditutup melalui ucapara yang dipimpin langsung Pangdam IX Udayana, Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko. Hadir dalam kesempatan itu Danrem 162 Wirabhakti Kolonel Inf. Farid Makruf, Bupati Sumbawa, H.M. Husni Djibril, B.Sc, Dandim 1607 Letkol ARM Sumanto S.Sos, Wakil Ketua DPRD Sumbawa Kamaluddin, ST, Kajari Sumbawa Paryono SH MH, Dandim 1608 Bima, Letkol CZI. Yidil Hendro, Dandim 1614 Dompu, Letkol CZI. Asep Rahmat dan sejumlah kepala SKPD lingkup Pemkab Sumbawa.

Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI. Mulyono dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Pangdam IX Udayana, Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko mengatakan, TMMD digelar setiap tahun di seluruh wilayah Indonesia melibatkan lintas sektoral dan lintas komponen bangsa yang merupakan bagian dari OMSP dan Bhakti TNI. TMMD merupakan solusi bagi pemerintah untuk percepatan pembangunan dalam membangun daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Berkat kerja keras semua unsure, hasil TMMD dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat. Tujuan TMMD ini untuk membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan cara memberdayakan masyarakat di lingkungan tersebut. Selain itu meningkatkan ketahanan wilayah dan kesadaran hokum, guna menangkal segala bentuk ancaman dalam masyarakat.

Baca Juga  Kunjungi Tongo KSB, Gubernur Terima Aspirasi Soal Tenaga Kerja

tmmd-sukses-1Diungkapkan Pangdam, program TMMD sudah dilaksanakan sejak 1980 lalu dengan nama ABRI Masuk Desa (AMD). Namun seiring berjalannya waktu terus dilakukan revisi dan dievaluasi sehingga  menjadi TMMD. Kegiatan ini terus dilaksanakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sasaran TMMD meliputi sasaran fisik dan non fisik. Sasaran fisiknya yaitu pembangunan jalan usaha tani, drainase, jambanisasi, pembangunan sarana ibadah dan pusat kegiatan masyarakat. Sementara sasaran non fisik berupa penyuluhan, pengobatan gratis dan kegiatan lain. ‘’Atas nama pimpinan TNI AD saya sampaikan permohonan maaf jika selama pelaksanaan TMMD ada prilaku dan tutur kata prajurit kami yang kurang berkenan,” imbuhnya.

Sementara itu, Dandim 1607 Sumbawa, Letkol ARM. Sumanto dalam laporannya memaparkan, kegiatan ini dilaksanakan mulai 20 September hingga 19 Oktober. Kegiatan TMMD tersebut memiliki sasaran fisik seperti pembuatan jalan usaha tani di Desa Baru Tahan sepanjang 500 meter. Pembuatan saluran irigasi sawah sepanjang 300 meter. Pembangunan drainase sawah sepanjang 450 meter, pembangunan mushalla ukuran 7X10 meter, pembuatan deker jalan usaha tani 5X2 meter, pemasangan dua unit gorong-gorong sepanjang empat meter, pembuatan tiga unit deker 4X2 meter, pembangunan poskamling di Desa Penyaring, Desa Kukin, Desa Sebewe, Desa Pungkit dan Desa Songkar. “Semua item itu sudah dilaksanakan 100 persen,” ujarnya.

Untuk program non fisiknya yakni penyuluhan bidang agama, bidan kamtibmas dan narkoba, bidang pendidikan, bidang hukum, bidang pertanian, peternakan dan kesehatan. Semua kegiatan penyuluhan tersebut juga sudah dilaksanakan dan berjalan lancar.

Baca Juga  Zul Rohmi Dorong Keterlibatan Perempuan di Semua Aspek

Bupati Sumbawa, H.M. Husni Djibril, B.Sc menilai capaian pelaksanaan TMMD luar biasa meski anggarannya sangat terbatas. Kewajiban pemerintah daerah saat ini adalah menjaga dan menindaklanjutinya. “Jika di TMMD ini dilakukan pengerasan jalan, Pemda akan berupayauntuk diaspal. “Kami kagum dan menyampaikan apresiasi kepada aparat TNI yang telah berkonstribusi besar dalam pembangunan melalui program TMMD,” ucap Bupati.

Kegiatan ini ditutup dengan pemukukan gong oleh Pangdam IX Udayana, Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko. Selanjutnya sekitar 200 pelajar dari tingkat SD hingga SMA di Moyo Utara menampilkan atraksi seni bela diri kempo, senam sasambo dan atraksi lainnya yang memikat hati dan menimbulkan decak kagum. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.