Rumah Apung Labu Lalar Segera Dihibahkan ke Pemda

oleh -54 views
Dinata Putrawan ST,

SUMBAWA BARAT, SR (19/10/2016)

Rumah Apung untuk masyarakat pesisir di Desa Labu Lalar Kecamatan Taliwang yang dibangun menggunakan dana APBN 2015, akan dihibahkan ke pemerintah daerah Kabupaten Sumbawa Barat untuk segera dimanfaatkan. Belum adanya penyerahan ini, menjadi hambatan bagi nelayan selaku penerima manfaat menempati bangunan yang masih milik pemerintah pusat tersebut.

Ketua Komisi III DPRD KSB, Dinata Putrawan ST yang dikonfirmasi SAMAWAREA, mengaku masih meninjau lokasi rumah apung itu menyusul banyaknya keluhan masyarakat. Alotnya penempatan membuat bagian rumah mulai mengalami kerusakan. Atas kondisi itu, pihaknya mendatangi Menteri PUPR yang merupakan kementerian yang berkewenangan terhadap rumah apung tersebut.

Selain itu Komisi III juga menemui Satker rumah apung dan Kabid Perumahan Provinsi. Dalam pertemuan itu pihaknya meminta agar rumah itu dihibahkan dalam kondisi siap pakai. Sebab rumah apung tersebut masih ada kekurangan seperti instalasi air bersih sudah terpasang tapi masih banyak yang belum dikerjakan. Ada juga yang belum memiliki meteran listrik, rumah yang dindingnya rusak. Dalam pertemuan itu juga Kepala Satker sekaligus Kabid Perumahan PU  bidang perumahan berkomitmen akan mengatasi kekurangan itu. Saat dihibahkan nanti kondisi rumah sudah siap pakai,” tuturnya.

Disinggung mengenai status lahan seluas 2 Ha, Dinata mengaku sebagian milik warga. Untuk itu lahan secepatnya di-clear and cleane agar dalam proses hibah nantinya tidak ada persoalan lagi.

Baca Juga  MUJUR Pasangan Terakhir Daftar ke KPU

Kepala Bidang Pemerintahan KSB, Endang Arianto S.Sos., MM mengatakan bahwa status lahan seluas 2 hektar tempat bangunan rumah apung masih milik masyarakat. Lahan itu akan dibayar pada anggaran APBDP Tahun 2016 ini. Administrasinya masih dalam proses dan menunggu penilaian harga tanah oleh tim Aprisal. “Kalau hasilnya sudah keluar baru pencairannya akan diproses,” imbuhnya.

Bupati juga sudah mengeluarkan SK untuk tim verifikasi baik verifikasi bangunan atau masyarakat yang akan menempati 100 bangunan tersebut. Kami berharap semua sudah klir supaya bisa penyerahannya di hati ulang tahun KSB,” tandasnya. (HEN/SR)

iklan bapenda