Produk Andalan KSB Masih Sulit Berkembang

oleh -4 views
Heri Hamdan M.Si selaku Kabid UMKM Diskoperindag KSB

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DISKOPERINDAG DAN UMKM SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (13/10/2016)

Kabupaten Sumbawa Barat memiliki produk unggulan yang beragam. Namun hasil produksi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masyarakat yang dijadikan komoditi andalan masih sulit berkembang. Pasalnya produk tersebut rata rata memiliki jangka simpan yang pendek.
Ditemui SAMAWAREA, Rabu (12/10) kemarin, Kabid UMKM Diskoprindag dan UMKM KSB, Heri Hamdan M.Si mengakui produk andalan di UMKM yaitu Kopi Rarak Sutra Men, Pelopo’ yang terbuat dari susu kerbau, madu hasil hutan, dan lainnya.

Memang diakui Hamdan—akrab pejabat ini disapa, produk unggulan itu masih belum bisa berkembang karena tidak bertahan lama, di samping produksinya yang terbatas dan belum mampu memenuhi kebutuhan pasar. Seperti Pelopo’ yang hanya ada di KSB hanya bisa bertahan paling lama 2 hari, kopi produksinya terbatas dan madu yang hasilnya fluktuatif tergantung musim dan kondisi hutan.

Mengenai pemasaran, Hamdan menyatakan sudah tidak menjadi persoalan. Sebab semua produk ini sangat diminati bukan hanya masyarakat KSB tapi juga luar daerah. “Produk kita sudah memiliki brand. Misalnya madu Sumbawa yang sudah terkenal luas sehingga pangsa pasar mudah didapatkan,” akunya.
Terkait dengan pertumbuhan UMKM di KSB, pihaknya terus melakukan pembinaan dan pelatihan kepada para pelaku usaha. Belum lama ini digelar pelatihan dengan mengundang para pelaku UMKM. Pelatihan ini bagaimana mengolah ubi menjadi keripik, jagung menjadi makanan, madu dan kopi dikemas semenarik mungkin, dan diberikan label. “Kami akan terus mencari cara agar persoalan ini dapat diretas, sehingga produk andalan KSB tidak hanya mampu bersaing secara kuantitas tapi juga kualitas,” pungkasnya. (HEN/SR)

sumpah-pemuda-doktor-zul

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Tim Ekspedisi Nusra Bhakti untuk Negeri Siap Eksplorasi Wisata NTB

No More Posts Available.

No more pages to load.