Klaster Usaha Ternak Sapi di Batu Tering Diresmikan

oleh -18 views

SUMBAWA BESAR, SR (13/10/2016)

Pemerintah Kabupaten Sumbawa bersama PT. Bank Indonesia Cabang Nusa Tenggara Barat, meresmikan Infrastruktur Klaster Usaha Ternak di Desa Batu Tering Kecamatan Moyo Hulu, Kamis (13/10) pagi tadi. Peresmian Klaster Usaha Ternak Sapi tersebut dihadiri Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cabang NTB, Direktur Kepatuhan PT. Bank NTB Cabang Sumbawa, kepala SKPD, dan lainnya. Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Ir. A. Yani yang membacakan sambutan Bupati Sumbawa menyampaikan bahwa sampai saat ini, salah satu bisnis yang masih diminati terutama oleh para petani adalah bisnis ternak sapi. Sapi dinilai menguntungkan karena dagingnya merupakan salah satu komponen penting dalam berbagai pengolahan produk. Permintaan di pasar domestik semakin meningkat karena tingkat konsumsi yang juga semakin meningkat. Harga daging sapi kerap naik dan ini bukan sepenuhnya kesalahan pemerintah. Kadangkala pemerintah terpaksa mengimpor karena untuk memenuhi permintaan pasar. Sebab yang selama ini peternak sapi local belum bisa memenuhi secara maksimal. “Jika peternak lokal sudah bisa berpartisipasi, kemungkinan impor pun akan semakin kecil,” katanya.

klaster-ternak-1Untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya dengan menggalakkan bisnis ternak sapi melalui berbagai usaha penggemukan. Tidak hanya sapi sebagai usaha ternak kecil-kecilan tapi bisa menjadi skala besar yang menghasilkan keuntungan lebih banyak dengan kebutuhan pasar yang juga terpenuhi. “Permintaan pasar cukup tinggi, dijual pasti laku dan waktu panennya (penggemukan) hanya sekitar 3 sampai 6 bulan,” ungkapnya.

Baca Juga  Rumah Janda Tua Rusak Tertimpa Pohon

Limbah sapi juga bisa dijual atau diolah kembali untuk penghasilan dan manfaat lain yang juga lebih besar baik itu sebagai pupuk organik maupun bahan biogas. Sebagaimana diketahui bahwa masyarakat Sumbawa selain sebagai petani, juga begitu dekat dengan dunia peternakan. Hal ini tidak lepas dari daya dukung lahan yang masih cukup luas. Apalagi Kabupaten Sumbawa merupakan daerah penghasil jagung yang sangat besar di Provinsi NTB, dimana tanaman jagungnya sangat berguna bagi pakan ternak yang baik untuk usaha penggemukan khususnya sapi. Sehingga sektor pertanian dan peternakan di Sumbawa saling mendukung dan memberi kontribusi besar bagi roda perekonomian daerah. Namun demikian, dukungan semua pihak baik pemerintah maupun swasta akan sangat membantu para peternak khususnya yang masih memiliki usaha ternak kecil-kecilan. Bantuanpun tidak harus selalu berupa modal, dukungan infrastruktur dan pengetahuan juga sangat penting bagi pengembangan usaha. Seperti yang dilakukan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB bersama institusi terkait yang memberikan pelatihan, kandang komunal, ruang sekretariat, timbangan dan lainnya.klaster-ternak-2

Di akhir acara, dilakukan penyerahan bantuan program sosial Bank Indonesia secara simbolis kepada Kelompok Ternak Liang Bukal, pencanangan kawasan rumah pangan lestari, dan penyerahan bibit tanaman holtikultura. (JEN/SR)

 

sumpah-pemuda-doktor-zul

bankntb DPRD DPRD