Tekan Kemiskinan, DPRD NTB Ingin Adopsi Program Kulon Progo

oleh -3 views
Wakil Ketua DPRD NTB, Abdul Hadi

KULONPROGO, SR (12/10/2016)

DPRD NTB melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, DIY, Rabu (12/10). Kepada Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Pemprov Kulon Progo Eko Wisnu Wardhana, Wakil Ketua DPRD NTB dari Fraksi PKS Abdul Hadi mengatakan, kunjungan ini untuk bertukar pikiran mengenai keunggulan dan kekurangan antar dua wilayah ini. Provinsi NTB, lanjutnya, hendak mencontoh prestasi apik yang ditorehkan Pemkab Kulon Progo dalam penanggulangan kemiskinan. Ia menilai, kondisi alam Pemkab Kulon Progo memiliki sejumlah kesamaan dengan beberapa kabupaten di NTB. “Kami melihat Kulon Progo mampu melakukan percepatan penanggulangan kemiskinan bisa mencapai 12 persen. Bagaimana ini bisa kita adopsi,” ujarnya di Kantor Bappeda Kulon Progo, DIY, Rabu (12/10).

Berdasarkan hasil survei Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) angka kemiskinan di Kulon Progo pada 2015 tinggal 52.331jiwa atau sekitar 12 persen. Angka tersebut mengalami penurunan dibandingkan 2014 yang mencapai 68.040 jiwa atau 15,66 persen.

Ia melanjutkan, Pemprov NTB di bawah komando Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi mencoba bergerak untuk terus menekan tingginya angka kemiskinan. Ia juga mengungkapkan keunggulan yang dimiliki NTB dalam menggenjot pertumbuhan ekonomi. “Kami memiliki pertanian seperti jagung, kita juga sebagai lumbung pangan nasional, pulau-pulau untuk pengembangan ekonomi kelautan dan perikanan, sapi, hingga destinasi wisata halal yang mendekati 4 juta kunjungan,” tutupnya. (NA/SR)

dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Gubernur Ajak Tokoh Bima Bimbing Anak Muda NTB