Program Duta Adhiyaksa Minim Dukungan Sekolah

oleh -23 views

SUMBAWA BESAR, SR (12/10/2016)

Meski Duta Adhiyaksa dari perwakilan sejumlah SMA di Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat (KSB) telah dilantik, namun kiprahnya dinilai masih belum maksimal. Pasalnya sekolah dinilai kurang mendukung keberadaan duta tersebut dalam melakukan konsultasi hukum dan memberikan pemahaman hukum di lingkungannya. Hal tersebut terungkap dari hasil evaluasi yang dilakukan jajaran Kejaksaan Negeri Sumbawa, belum lama ini.

Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Sumbawa, Erwin Indrapraja, SH., MH, Rabu (12/10) mengatakan, evaluasi itu dilakukan untuk mengetahui sejauhmana kiprah Duta Adhyaksa. Diakui duta ini sudah melaksanakan tugasnya dengan menyampaikan penerangan hukum kepada para pelajar di lingkungan sekolahnya. Untuk menambah wawasan kepada para duta, kejaksaan menjalin komunikasi dengan para duta melalui program Skype—yang fasilitasnya menggunakan jaringan internet. Kendala yang ditemui saat ini adalah jaringan internet. Selain itu pihak sekolah kurang mengakomodir kegiatan para Duta Adhyaksa ini. Karenanya, Erwin—akrab pejabat low profil ini disapa, akan berkoordinasi dengan Dinas Diknas Sumbawa agar bisa mendorong pihak sekolah mendukung program tersebut secara maksimal.

Kasi Intel Kejari Sumbawa, Erwin Indrapraja SH
Kasi Intel Kejari Sumbawa, Erwin Indrapraja SH

Untuk geliatnya program ini ungkap Erwin, pihaknya dalam waktu dekat akan menggelar Lomba Cerdas Cermat (LCC) antar sekolah. Tujuannya untuk membahas implementasi program Jaksa Masuk Sekolah (JMS), sekaligus mengetahui sejauhmana pemahaman hukum para siswa di sekolah. “Cerdas cermat ini akan diikuti para siswa SMA di Sumbawa dan KSB. Saat ini kami sedang susun proposal kegiatannya,” ujar Erwin.

Baca Juga  Pemasok Narkoba di Kalangan Pelajar Ditangkap

Ia berharap melalui kegiatan itu pendidikan hukum bisa tertanam kepada diri siswa, sehingga dengan pemahaman hukum yang dimiliki akan mampu menjadi tameng untuk tidak terlibat dalam tindak pidana kriminal dan tindak pidana korupsi. Sebab banyak pelaku tindak kriminal berasal dari kalangan pelajar. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.