Kontes Ternak Diramaikan Ratusan Sapi, Kerbau dan Kuda

oleh -61 views
Kerbau bersujud di hadapan pemiliknya saat kontes ternak di Kecamatan Utan, dua tahun lalu

SUMBAWA BESAR, SR (12/10/2016)

Ratusan ekor Sapi, Kerbau dan Kuda Poni dari 24 kecamatan se Kabupaten Sumbawa turut memeriahkan Kontes Ternak yang diselenggarakan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sumbawa. Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Desa Jorok Kecamatan Utan, Rabu (12/10) dalam rangka menyemarakan Festival Moyo 2016.

Dalam sambutan pembukaannya, Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril, B.Sc mengatakan,  kontes ternak selain digelar dalam rangka memeriahkan Festival Moyo 2016, juga memiliki peran penting dan strategis untuk membangun motivasi dan kesadaran masyarakat secara luas dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas ternak di Kabupaten Sumbawa. Selain itu mendorong peningkatan usaha peternakan menjadi lebih baik, dan tidak kalah bersaing dengan peternak-peternak di daerah lain. “Lebih khusus lagi melalui kegiatan ini diharapkan mampu menjadi wahana bagi petani untuk tukar menukar informasi dan pengalaman, meningkatkan mutu ternak rakyat, dan menjadi media pemberian penghargaan bagi petani/peternak yang berprestasi sekaligus menjadi wahana pembinaan dalam rangka menciptakan kelompok– kelompok tani ternak yang maju, tangguh dan mandiri,” kata Bupati Sumbawa.

kontes-kerbau-1kontes-kerbau-3Kehidupan masyarakat Sumbawa sebenarnya sangat erat dan tergantung dengan ternak. Hal ini terlihat dari fungsi dan peranan ternak dalam kehidupan masyarakat Sumbawa. Misalnya ternak kerbau yang umumnya sebagai sarana untuk mengolah lahan pertanian (bajak), ternak kuda sebagai alat transportasi hasil pertanian, tabungan keluarga atau bank hidup, untuk kebutuhan sosial keagamaan seperti menunaikan ibadah haji dan pesta perkawinan serta biaya pendidikan. “Alhamdulillah, perkembangan peternakan di Kabupaten Sumbawa cukup baik dari tahun ke tahun, baik dari aspek perkembangan populasi yang masih terkendali maupun peningkatan produksi dan produktivitas ternaknya. Karena itu berbagai upaya akan terus kita lakukan agar populasi dan kualitas ternak kita semakin baik,” ucapnya.

Baca Juga  Kementerian PUPR akan Bangun RISHA Tahan Gempa di LLK Sumbawa

Dalam konteks pembangunan daerah, sub sektor peternakan yang menjadi bagian integral dari pembangunan daerah dan nasional merupakan sektor yang memiliki arti penting dan strategis,  sehingga menjadi salah satu titik berat pembangunan. Potensi pengembangan peternakan di Kabupaten Sumbawa sangatlah besar dan prospektif karena ditunjang oleh daya dukung lahan yang masih cukup luas, jumlah peternak dan tenaga kerja tersedia cukup besar, keunggulan ternak lokal (Sapi Bali, Sapi Sumbawa dan Kerbau Sumbawa) yang dimiliki, permintaan pasar yang sangat besar terhadap ternak maupun produk asal ternak (khususnya daging dan produk olahannya) serta dukungan agroklimat, topografi dan kearifan local. “Melalui kegiatan kontes ternak  ini, saya mengajak kita semua, terutama masyarakat peternakan yang meliputi peternak sebagai subyek sekaligus obyek dalam pembangunan peternakan, aparatur peternakan dan para pelaku usaha bidang peternakan untuk senantiasa bahu membahu, berjuang dan berusaha terus membangun peternakan yang lebih maju dan tangguh ke depan sehingga mampu bersaing baik di tingkat regional, maupun nasional. Jangan cepat berpuas diri sesungguhnya peluang dan tantangan terbuka lebar di depan mata kita, lebih-lebih di era globalisasi dan  informasi yang begitu deras dan terbuka sekarang ini. Jadikanlah moment ini sebagai wahana introspeksi diri untuk menuju hari esok yang lebih baik dalam rangka mewujudkan masyarakat sumbawa yang hebat dan bermartabat,” pesannya.

Baca Juga  Permudah Akses Para Petani, Satgas TMMD Tuntaskan Jalan Usaha Tani

kontes-kerbau-4

kuda poni
kuda poni

Diakhir acara,  diumumkan ternak yang memperoleh gelar juara, Kategori Kerbau Pejantan juara I, II, III masing–masing H. Bagong dari Desa Batu Tering Moyo Hulu, Saifuddin (Dusun Ai Nunuk, Desa Serading Kecamatan Moyo Hilir), serta Indra dari Desa Tarusa Kecamatan Buer. Kategori Kerbau Calon Pejantan juara I diraih Ibrahim dari Kecamatan Maronge, juara II Noval dari Kecamatan Lape, dan juara III Saparuddin dari Kecamatan Labuhan Badas. Kategori Kerbau Induk juara I diraih Syarafuddin Abas dari Moyo Hulu, juara II Ridwansyah dari Tarano, juara III Sudirman dari Kecamatan Lape. Kategori Kerbau Calon Induk juara I diraih Hermanto dari Lopok, juara II H. Muhammad dari Unter Iwes, juara III Kalamudin dari kecamatan Alas. Kategori Sapi Pejantan juara I diraih Cinggun dari Kecamatan Plampang, juara II Dendi dari Kecamatan Moyo Hilir, juara III Mustamin dari Kecamatan Tarano. Sapi Calon Pejantan juara I diraih Arifin dari Kecamatan Lopok, juara II M. Saleh dari Kecamatan Utan, juara III Alimuddin Kecamatan Moyo Hulu. Kategori Sapi Induk juara I diraih oleh Heri Kiswanto dari Kecamatan Labangka, juara II H. Rahmad dari Kecamatan Labangka, juara III Iksan dari Kecamatan Alas Barat. Kategori Sapi Calon Induk juara I diraih Iwan Samudra dari Kecamatan Alas Barat, juara II Aric/Ahmad dari Kecamatan Labangka, juara III Mulyadi dari Kecamatan Labangka. Kategori Kuda Poni juara I diraih Sahabuddin dari Kecamatan Lape, juara II M. Yakub dari Kecamatan Maronge, juara III H. A. Hamid HR dari Kecamatan Sumbawa. (JEN/SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.