TNI Peduli Budaya, Gelar Bagontong, Rateb dan Barapan Kebo

oleh -24 views

SUMBAWA BARAT, SR ( 8/10/2016)

Sebagai bentuk kepedulian terhadap pelestarian budaya Samawa, Kodim 1607 Sumbawa memanfaatkan momen HUT TNI ke-71 menggelar berbagai perlombaan budaya di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Berpusat di Kecamatan Brang Ene, menggelar Lomba Baguntung Rame, Ratib dan Barapan Kebo dilaksanakan dari Sabtu (8/10) hingga Minggu (9/10).

Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) Taliwang, Agus SH mengakui kegiatan budaya ini dipastikan berlangsung meriah. Diawali dengan Lomba Baguntung digelar di Desa Mura Kecamatan Brang Ene. Masing-masing desa mengutus delegasinya minimal satu kelompok. Kemudian dilanjutkan dengan Lomba Rateb diikuti 8 kecamatan. Hadiah bagi pemenang di dua perlombaan ini akan mendapatkan penghargaan dan uang pembinaan. Kemudian Minggu hari ini dilangsungkan Barapan Kebo. Setiap desa disebar 80 undangan untuk memperebutkan hadiah utama dua unit sepeda motor. “Melalui berbagai perlombaan ini kami ingin mengangkat dan melestarikan budaya Samawa dan memperkuat kearifan local, sekaligus memperkenalkan budaya daerah ke masyarakat luas dalam upaya mendukung pariwisata di daerah Pariri Lema Bariri ini,” ungkap perwira ramah ini.

hut-tni-ksb

hut-tni-ksb-baguntung

Sementara Camat Brang Ene, NS Kamaludin S.Kep., MM mengaku sangat terhormat kecamatannya dipercaya sebagai tuan rumah. Pihaknya menyambut hal itu dengan sangat gembira apalagi tema budaya yang diangkat bertujuan untuk memperkuat tali silaturrahim antara masyarakat dengan masyarakat, masyarakat dengan pemerintah, dan masyarakat dengan TNI. “Kegiatan ini bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Kami salut dengan TNI, semoga kegiatan seperti ini di masa mendatang terus dilaksanakan, sehingga masyarakat kita menjadi masyarakat yang berbudaya,” ujarnya.

Baca Juga  Segera, MTQ Tingkat Kabupaten Sumbawa 2016

Pantauan SAMAWAREA di Lapangan Desa Mura Kecamatan Brang Ene, KSB, Lomba Budaya Bagontong dan Rateb  dalam rangka Komsos Kreatif HUT TNI ke -71 Tahun 2016 berlangsung semarak. Hadir dalam kegiatan itu Kasdim 1607 Sumbawa Mayor ARM Drs Sape’i, Camat Brang Ene Kamaluddin S.Kep MM, Pasi Log Kodim 1607, Danramil wilayah KSB, Babinsa, toga, toma, tokoh adat, dan peserta lomba serta undangan lainnya yang berjumlah  sekitar 300 orang.

Kegiatan yang dibuka Sertu A Kasim–Babinsa Desa Mura selaku pembawa acara diawali dengan Lomba Rateb menampilkan  6 grup Seni Ratib yaitu Bintang Bano Kecamatan Brang Rea, Buin Batu Kecamatan Sekongkang, Gentar Alam dari Taliwang, Liang Galunga Kecamatan Jereweh, Lala Jinis Kecamatan Seteluk dan Buin Banyu Kecamatan Brang Ene. (HEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.