Barapan Kebo, Bupati KSB ‘Selamat’ Dandim Sumbawa Terjatuh

oleh -28 views
Bupati KSB siap melaju

SUMBAWA BARAT, SR (09/10/2016)

Lomba Barapan Kebo di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dalam rangka HUT TNI ke-71, Minggu (9/10) berlangsung sangat meriah. Bertempat di Desa Mura, Kecamatan Brang Ene, ribuan pasang mata menyaksikan ketangkasan 312 pasang kerbau yang akan dipacu para sprinter (sebutan penunggangnya) berasal dari KSB dan Kabupaten Sumbawa. Saat semua sprinter beraksi suasana tempat pertandingan semakin riuh oleh sorak sorai penonton dan pendukung wilayah masing-masing. Tepuk tangan semakin kencang apabila sprinter tersebut dapat mengarahkan Kebo mereka ke arah Soga yang ditancapkan di ujung landasan pacu.
Sebagai pembuka dari perlombaan ini, Bupati KSB Dr. Ir. HW. Musyafirin MM, Dandim Letkol ARM Sumanto S.Sos dan Camat Brang Ene, NS Kamaluddin S.Kep MM didaulat menjadi sprinter. Bupati yang berdiri kokoh di atas kerbau miliknya berjuluk “Intan Barua” berhasil mulus hingga garis finish meski percikan lumpur muncar ke wajah dan bajunya. Namun nasib baik tidak memihak Dandim. Orang nomor satu di jajaran Kodim 1607 Sumbawa ini terpental ke dalam lumpur beberapa meter sebelum mencapai garis finish.

 

barapan-tnibarapan-tni-3

Dalam sambutannya, Ketua Panitia, Kapten Agus SH yang juga Danramil Taliwang mengatakan bahwa perlombaan ini bagian dari Komunikasi Sosial Kodim 1607 Sumbawa yang bertujuan untuk melestarikan budaya Barapan Kebo Tana Samawa, yang sudah menjadi warisan adat turun temurun dari nenek moyang. Kegiatan yang luar biasa ini terlaksana ungkapnya, tidak terlepas dari dukungan penuh Pemda dan masyarakat KSB khususnya Kecamatan Brang Ene untuk ikut berpartisipasi memeriahkan HUT TNI ke-71. “Kami menyiapkan dua unit sepeda motor dan piala bergilir Dandim Cup untuk juara umum,” ungkapnya.

Baca Juga  Hj. Niken Ajak Bangun Desa Melalui Peningkatan Kualitas PAUD dan PKK

Di tempat yang sama Dandim 1607 Sumbawa, Letkol ARM Sumanto S.Sos menyatakan, kegiatan ini harus berkesinambungan sebagai upaya melestarikan budaya Sumbawa. Pasalnya Sumbawa kaya akan budaya yang membuat rasa memiliki serta menjadikan kebersamaan ini kokoh. “Saya bangga bisa mengenal budaya Sumbawa yang luar biasa. Ini harus dipertahankan dan ditingkatkan di masa-masa yang akan datang,” ucapnya seraya menyampaikan apresiasi atas dukungan Bupati KSB dan masyarakatnya.

Sementara itu Bupati KSB, Dr. Ir. HW. Musyafirin MM menyampaikan penghargaan kepada Dandim dan jajarannya atas dukungan dan kekompakan dalam membangun daerah ini. “Kegiatan yang digelar TNI ini merupakan bagian dari seni dan budaya Tau Samawa yang perlu dijaga dan lestarikan,” pungkasnya. (HEN/SR)

bankntb DPRD DPRD