Seluruh Kantor di KTC akan Memberlakukan Absen Online

oleh -6 views
Abdul Malik,S.Sos.,M.Si Kepala BKD KSB

SUMBAWA BARAT, SR (08/10/2016)

Pegawai pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) khususnya yang berkantor di lingkungan Kemutar Telu Center (KTC) siap-siap meningkatkan disiplin kerjanya. Masuk dan pulang kantor harus tepat waktu. Sebab mereka akan dideteksi absensi online yang akan diterapkan Pemda setempat terutama kantor yang berada di lingkup KTC pada akhir tahun ini. “Dengan absensi online ini pegawai tidak bisa lagi memanipulasi data absennya karena semua sudah terpusat di sini (Kantor Badan Kepegawaian Pendidikan Latihan/BK-Diklat),” kata Kepala BK-Diklat KSB H. Abdul Malik Nurdin, S.Sos kepada SAMAWAREA, kemarin.

Untuk penerapan absen online itu, Pemda KSB sudah menyiapkan anggarannya melalui Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) 2016. Menurut Abdul Malik, pihaknya kini tengah menyiapkan pengadaan alat absen online itu yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak (aplikasi, Red). “Untuk pengadaan peralatan absen online ini yang mahal aplikasinya. Tapi kami yakin akhir tahun semua kantor di KTC ini sudah pakai sistem absen itu,” janjinya.

absensi-online-1

Di lingkungan KTC, sebenarnya sudah ada sejumlah kantor yang menggunakan sistem absen berteknologi tinggi itu. Di antaranya kantor Dinas Dikbudpora, Inspektorat, Bappeda, Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan Daerah (DPPKD), Sekretariat Daerah (Setda) dan BK-Diklat.

Menurut Abdul Malik, sejak menggunakan aplikasi absen online itu, tingkat disiplin pegawai di 6 kantor terus membaik. Ini dikarenakan sistem absen tersebut tidak memberikan toleransi bagi pegawai. Mereka yang telat melakukan absensi sesuai jadwal yang ditetapkan, maka sistem akan secara otomatis mencatat pegawai bersangkutan tidak hadir masuk kerja. “Mereka juga tidak bisa utak atik datanya karena servernya ada di sini,” ujarnya.

Baca Juga  CPNS Dibuka Juli, Waspadai Penipuan

Selain memberlakukan sistem absen online di seluruh kantor di kompleks KTC, Abdul Malik mengatakan, nantinya juga akan diterapkan sistem Gateway SMS (short mesagge service). Sistem ini sebagai pemberitahuan kepada pegawai mengenai jam masuk kerja setiap harinya. “Jadi kalau batas waktu masuk kerjanya sudah hampir habis. Sistem ini nanti akan mengirim SMS ke HP  pegawai yang belum absen memberitahukan waktu untuk melakukan presensi hampir habis. Nah harapannya pegawai bersangkutan bisa segera melakukan presensi,” urainya.

Selama ini data dari absen online tidak saja digunakan untuk melihat tingkat disiplin pegawai, BK-Diklat juga dapat memanfaatkannya untuk menghitung pembayaran tunjangan kinerja daerah (TKD) pegawai. “Sistem ini bisa menghitung berapa pemotongan TKD tiap pegawai dari setiap keterlambatannya. Karena di sana jelas, berapa jam seorang pegawai tidak masuk kerja selama satu bulan itu,” pungkasnya. (HEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.