Polisi Segera Tetapkan Tersangka Pemalsu Dokumen “Jalan Samota”

oleh -11 views

SUMBAWA BESAR, SR (06/10/2016)

Penyidik Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Sumbawa akan segera menetapkan tersangka kasus dugaan pemalsuan dokumen tanah di kawasan Desa Penyaring Kecamatan Moyo Utara atau lahan terkena dampak pembangunan jalan Samota. Hal ini menyusul ditingkatkannya penanganan kasus ini ke tahap penyidikan. “Hasil gelar perkara terungkap ada perbuatan pidana dalam kasus ini,” ungkap Kasat Reskrim Polres Sumbawa, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Yusuf Tauziri SIK, Kamis (6/10).

Modus dugaan pemalsuan dokumen ini kata Bang Yusta—sapaan akrab Kasat Reskrim, dengan cara penerbitan sporadik pada tanah negara yang terkena pembangunan jalan Samota. Tujuan pemalsuan ini diduga untuk mendapatkan ganti rugi atas pembebasan lahan. Untuk menguatkan dugaan ini, pihaknya telah meminta keterangan sejumlah saksi. Terungkap ada dua dokumen. Adalah dokumen yang diduga palsu dan dokumen asli yang tata cara penerbitannya diduga tidak benar. “Indikasi inilah yang akan kami dalami lagi dengan memeriksa kembali saksi yang pernah dimintai keterangan,” akunya.

Saksi yang akan diperiksa di antaranya pegawai dari Bagian Aset Setda Sumbawa. Pihaknya akan menanyakan terkait sporadik dan pencairan uangnya. Pihaknya juga akan melakukan pemanggilan terhadap saksi ahli dari Badan Pertanahan Negara (BPN) Sumbawa. “Setelah pemeriksaan sejumlah saksi ini, kami menetapkan tersangka,” tegas Bang Yusta, seraya menyebutkan tersangka dapat dijerat pasal 263 ayat 1 dan 2 KUHP terkait pemalsuan dokumen.

Baca Juga  JH akan Dijemput Paksa Jika Tidak Hadiri Panggilan

Kasus dugaan pemalsuan dokumen ini dilaporkan ke Polres Sumbawa, Oktober 2015 lalu. Berawal dari adanya rencana pembebasan lahan untuk pembangunan jalan Samota. Rencana ini dimanfaatkan oknum tertentu untuk mendapatkan keuntungan. Tanah pemerintah yang akan dilalui jalan itu dijadikan hak milik. Dokumen pun dipalsukan dengan cara membuat sporadiknya dengan tujuan menerima ganti rugi atas lahan tersebut. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.