SMPN 1 Gerung Drumband Terbaik Tingkat SMP se-NTB

oleh -40 views

Kandai II Dompu Juara II, SMPN 1 Sumbawa Ketiga 

SUMBAWA BESAR, SR (05/10/2016)

Grup Drumband SMPN 1 Gerung, berhasil menjadi yang terbaik pada Lomba Drumband tingkat SMP se Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (5/10). Bertempat di Halaman Kantor Bupati Sumbawa, grup drumband asal Lombok Barat ini keluar sebagai juara pertama menyisihkan sejumlah grup drumband tuan rumah. Selain menjadi drumband terbaik, SMPN 1 Gerung juga menyabet penghargaan The Best Dancer. Untuk juara kedua diraih Drumband MTs Kandai II Dompu. Sekolah ini juga mendapat penghargaan The Best Kwarto Tone, disusul SMPN 1 Sumbawa sebagai juara ketiga sekaligus meraih penghargaan The Best Costum/Colour. Untuk juara Harapan I diraih MTs Negeri Empang yang juga mendapat penghargaan The Best Mayoret. Berikutnya Harapan II diraih SMPN 2 Sumbawa dan menyabet The Best Field Commander Putri. Sedangkan MTs Negeri Taliwang mendapat predikat Harapan III. Meski menjadi juru kunci, tapi sekolah asal Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) ini membawa pulang prestasi The Best Drum.

Official SMPN 1 Gerung dan Ponpes Al Ikhlas Taliwang menerima piala dari Asisten II Sumbawa
Official SMPN 1 Gerung dan Ponpes Al Ikhlas Taliwang menerima piala dari Asisten II Sumbawa

Kepala SDN 11 Sumbawa menerima piala sebagai drumband terbaik tingkat SD

Lomba Drumband tingkat SMP ini menjadi akhir dari Lomba Drumband se Provinsi NTB yang digelar dalam rangka memeriahkan Festival Moyo 2016. Kegiatan yang digelar Disporabudpar ini berlangsung selama tiga hari (3-5 Oktober) dan diikuti grup drumband dari tingkat SD, SMP, dan SMA. Hari pertama dilaksanakan parade drumband yang diikuti semua peserta. Esoknya lomba drumband tingkat SD dan SMA. Untuk SD, juara pertama diraih SDN 11 Sumbawa, dan SMA diboyong Ponpes Al Ikhlas Taliwang Sumbawa Barat. Kegiatan ini tak pernah sepi penonton. Bahkan pada perlombaan drumband tingkat SMP, pagi hingga siang tadi, sejumlah turis mancanegara tak beranjak dari tempat duduknya untuk menonton perlombaan tersebut.

Baca Juga  Bale Mediasi Kini Ada di Desa Sigerongan Lobar

Asisten II Sekda Sumbawa, Drs. H. Muhammading M.Si saat menutup kegiatan itu menyatakan bahwa Lomba Drumband ini telah berjalan baik, lancar dan meriah. Seluruh peserta lomba telah menampilkan atraksi terbaiknya dengan memiliki keunikan dan menunjukkan display gerakan serta formasi yang apik. “Permainannya cukup berkualitas. Ini merupakan modal yang baik bagi kemajuan drumband tingkat pelajar di Provinsi NTB,” katanya.

Inilah drumband terbaik, SMPN 1 Gerung Lobar
Inilah drumband terbaik, SMPN 1 Gerung Lobar
Lomba Drumband tingkat SMP di Sumbawa menarik perhatian turis mancanegara
Lomba Drumband tingkat SMP di Sumbawa menarik perhatian turis mancanegara

Drumband jelas Muhammading, adalah kegiatan yang mengajarkan anak-anak untuk memiliki kepribadian yang baik, dan menjalin hubungan emosional antar sesama. Selain itu kegiatan ini mampu menjadi benteng dan menjauhkan generasi muda terhadap hal-hal yang bersifat negatif. Drum band tidak hanya perpaduan olahraga, seni dan budaya, akan tetapi memberikan banyak manfaat bagi kalangan generasi muda. Di antaranya menumbuhkan rasa percaya diri, kerjasama tim, membangkitkan loyalitas anggota dan mengajarkan bagaimana caranya memimpin dan dipimpin.

Melihat besarnya potensi drumband di Tana Samawa, ungkap Haji Ading—akrab Ia disapa, tentu menjadi perhatian pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Disporabudpar untuk membuat program yang dapat membina grup drumband di sejumlah sekolah, salah satunya melalui event lomba ini. “Kami berharap penyelenggaraan lomba drumband dari tahun ke tahun semakin dikemas dengan lebih baik lagi,” demikian Haji Ading. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD