Perbaiki Proses Demokrasi, KPU Sumbawa Gandeng Komunitas

oleh -5 views

SUMBAWA BESAR, SR (05/10/2016)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa terus menggiatkan sosialisasi tentang kepemiluan. Setelah menyambangi masyarakat di wilayah pesisir dan pegunungan, KPU pada Rabu (5/10) siang tadi, menyasar sejumlah komunitas di antaranya komunitas motor, sepeda, group musik, dan petani. Sosialisasi ini dikemas dalam bentuk diskusi. Dari diskusi yang berlangsung santai dan penuh kekeluargaan ini, banyak masukan yang diterima KPU terkait dengan proses pemilu mulai dari pra, saat, hingga pasca. Hadir dalam kesempatan itu semua komisoner KPU yakni Syukri Rahmat S.Ag, Sudirman S.Ip, Dr. Hj. Yuyun Nurul Azmi MT, Aryati S.Pd.I dan Nurkholis S.AP, serta Sekretaris KPU, Lahmuddin SE.

Ditemui SAMAWAREA usai diskusi, Ketua KPU Sumbawa, Syukri Rahmat, S.Ag mengatakan, sosialisasi yang digelar dan masukan yang diakomodir dari sejumlah pihak termasuk para komunitas ini menjadi bagian dari upaya KPU tidak hanya meningkatkan partisipasi pemilih melainkan juga mewujudkan pemilu yang berkualitas. Selain itu KPU ingin masyarakat menjadi pemilih yang cerdas dan kritis agar produk pemilu tersebut akan melahirkan pemimpin yang amanah dan mampu melakukan perubahan terhadap kesejahteraan masyarakat ke arah yang lebih baik.

Komisioner KPU Sumbawa,  Dr. Hj. Yuyun Nurul Azmi berinteraksi dengan peserta sosialisasi kepemiluan
Komisioner KPU Sumbawa, Dr. Hj. Yuyun Nurul Azmi berinteraksi dengan peserta sosialisasi kepemiluan

Diskusi itu diakui Syukri, berlangsung cukup dinamis. Beberapa masukan dan analisa berbobot dari peserta diskusi. Di antaranya menyoroti praktik judi dan dugaan money politic. Kemudian intervensi kerap datang bukan hanya dari tim sukses calon tapi juga dari dalam keluarga pemilih. Selain itu menyoroti masih lemahnya regulasi, di samping parpol yang dinilai belum mampu menyodorkan calon yang tidak sesuai selera rakyat, dan lebih cenderung mengurus diri dan tim suksesnya, dengan mengabaikan kepentingan rakyatnya. “Masukan dan analisasi dari para komunitas ini luar biasa dan kami meresponnya secara positif,” ujar Syukri.

Baca Juga  Hari Ini KPU KSB Distribusi Logistik ke 'Daerah Sulit'

Berangkat dari permasalahan itu, Syukri berharap partai politik sebagai mesin demokrasi, dapat menghadirkan calon yang berkualitas. Parpol harus membuat instrument dan aturan main yang ketat dan sistematis dalam mengajukan calon legislative, calon Bupati, dan Gubernur. Hal ini dilakukan agar calon yang diusung tidak asal comot dan melalui pendekatan materialis, tapi benar-benar mumpuni dan memiliki tanggung jawab terhadap rakyat dan daerah.

Ditambahkan Aryati, S.Pd.I—komisioner lainnya, bahwa semua pihak memiliki tanggung jawab yang sama untuk ikut membantu KPU mengampanyekan pemilu yang rasional, dengan pemilih yang cerdas dan kritis. Masyarakat tidak lagi mudah dirayu dan menjual suara dengan supermi, baju koko, dan lainnya, tapi dapat melakukan transaksi kebijakan sehingga mampu memperjuangkan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. “Mari kita memperbaiki proses demokrasi ini dengan cara kita masing-masing,” ajaknya. (JEN/SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.