HUT TNI di KSB, Tampilkan Drama Perjuangan Undru

oleh -26 views

SUMBAWA BARAT, SR (05/10/2016)

Peringatan HUT TNI ke-71 di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) di Lapangan Kemutar Telu Center (KTC), Rabu (5/10), berlangsung meriah. Dalam acara puncak tersebut menampilkan drama kolosal tentang Perang Sapugara. Hadir menyaksikan cerita bersejarah itu, di antaranya Wakil Bupati KSB Fud Syaifuddin ST, Dandi 1607 Sumbawa Letkol ARM Sumanto, Kapolres KSB, Kapolres Sumbawa AKBP Muhammad SIK, Ketua DPRD KSB, seluruh camat dan PNS setempat.

hut-tni-taliwang-3Drama kolosal tersebut menceritakan bagaimana perjuangan seorang Undru—pahlawan Sumbawa, menghadang Belanda yang datang untuk menjajah Taliwang. Niat Undru yang ingin melawan penjajah diketahui Sultan Sumbawa. Sultan pun memerintahkan kepada Undru untuk tidak melawan agar rakyat tidak menderita berkepanjangan karena perbandingan kekuatan Belanda dengan masyarakat Taliwang sangat jauh. Tapi Undru mengabaikan perintah tersebut. Undru dengan pasukannya tetap melakukan perlawanan. Dalam pertempuran itu tidak sedikit pasukan Undru yang gugur. Selain jumlah yang sedikit, mereka hanya dibekali bambu runcing. Sedangkan belanda dengan bala tentara terlatih dilengkapi peralatan tempur lengkap seperti senjata dan mariam berhasil menembus jantung pertahanan di Desa Sapugara. Karena terdesak, Undru mundur dan mencari tempat persembunyian. Drama Kolosal ini melibatkan ratusan siswa terdiri dari SMPN 1 Taliwang 100 orang, SMAN 1 Taliwang 100 orang, SMP 8 Kertasari 104 orang dan SDN 2 Taliwang 1 orang. Semua siswa ini merupakan kader dalam melestarikan sejarah di KSB.

Baca Juga  Dua Pemerkosa, Satu Dilimpahkan ke Jaksa, Satunya ke Polres

Dandim 1607 Sumbawa, Letkol ARM Sumanto S.Sos mengatakan, drama kolosal tentang sejarah perjuangan daerah setempat dimaksudkan untuk mengangkat kearifan lokal agar masyarakat lebih mengenal sejarah perjuangan suatu daerah guna meningkatkan rasa nasionalisme. Terlebih lagi keterlibatan para pelajar yang secara tidak langsung dapat memahami sejak dini bagaimana pengorbanan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan. Sehingga dalam diri pelajar ini tumbuh rasa penghargaan dan penghormatan kepada jasa pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan rasa. Karena itu pelajar sebagai generasi penerus, dituntut untuk berjuang mengisi kemerdekaan.

hut-tni-taliwang-1Di bagian lain Dandim menyampaikan tantangan terberat saat ini adalah revolusi mental. Untuk melakukan hal itu harus berbenah sedini mungkin. Pihaknya akan terus melakukan sosialisasi tentang wawasan kebangsaan, dengan menyambangi sejumlah sekolah di Sumbawa dan KSB untuk memberikan pemahaman yang sebenar-benarnya tentang wawasan kebangsaan. “Sebab Proxy War mengancam bangsa kita, dengan cara membenturkan antara TNI dan Polri, maupun TNI dan masyarakat,” tandasnya.

Sebelumnya peringatan HUT TNI di KSB ini diawali dengan upacara. Bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin ST. Upacara itu berlangsung khidmat dan lancar. (HEN/SR)

johan-rosihan-hut-tni

bankntb DPRD DPRD