Polisi Hentikan Penyelidikan Proyek Kolam Renang PDAM Sumbawa

oleh -4 views
Kasat Reskrim POlres Sumbawa, AKP Yusuf Tauziri SIK

SUMBAWA BESAR, SR (02/09/2016)

Penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Sumbawa menghentikan penyelidikan dugaan penyimpangan Pembangunan Kolam Renang PDAM Sumbawa. Pasalnya untuk sementara belum ditemukan adanya kerugian negara dalam proyek tersebut. “Untuk sementara penyelidikan kasus ini dihentikan,” kata Kapolres Sumbawa yang dikonfirmasi SAMAWAREA melalui Kasat Reskrim, AKP Yusuf Tauziri SIK, kemarin.

Penghentian penyelidikan ini ungkapnya, setelah pihaknya berkoordinasi dengan BPKP. Lembaga yang berkewenangan mengaudit besarnya kerugian negara ini memintanya untuk berkordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sumbawa. Jika PU menyatakan pembangunan kolam renang itu tidak dapat dilanjutkan, maka proses penyelidikan bisa dilanjutkan karena sudah pasti ada kerugian negara. Sebaliknya jika PU menyatakan bisa dilanjutkan, belumada kerugian negara yang ditimbulkan. Hasil kajian teknis Dinas PU belum lama ini kata Bang Yusta—akrab Kasat Reskrim disapa, menyatakan bahwa pengerjaan kolam renang itu dapat dilanjutkan. Meski demikian, penyelidikan bisa dibuka kembali ketika dalam pengerjaan nanti ditemukan indikasi penyimpangan.

Untuk diketahui, dugaan penyimpangan pembangunan kolam renang ini dilaporkan Koalisi LSM yang menduga terjadinya kerugian dalam proyek tersebut. Dalam pengerjaannya diduga tanpa dokumen perencanaan termasuk Rencana Anggaran Biaya (RAB). Pembangunan pada tahun 2014 ini diduga menelan dana hingga ratusan juta rupiah.

Dalam hal ini, pembangunannya hanya berdasarkan kebijakan Dirut PDAM saat itu. Pembangunan kolam renang itu akhirnya dihentikan Dewan Pengawas Pemda Sumbawa karena pengerjaannya dianggap melanggar aturan. Menurut informasi, anggaran yang sudah dikeluarkan bagi pembangunan awal kolam renang mencapai Rp 277,9 juta. Sedangkan penambahan ruangan baru di kantor PDAM diperkirakan mencapai Rp 500 juta. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Proyek BWS di Sumbawa Diindikasikan Menyimpang

No More Posts Available.

No more pages to load.