KPU Salut Tingginya Partisipasi Pemilih di Desa Batu Dulang

oleh -8 views

Sosialisasi Pendidikan Pemilu dan Demokrasi, Sasar Wilayah Pegunungan

SUMBAWA BESAR, SR (01/10/2016)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa mendapat predikat terbaik dalam penyelenggaraan pemilu khususnya di Nusa Tenggara Barat (NTB). Selain berlangsung aman dan lancar, partisipasi pemilih dalam memberikan hak suaranya di atas rata-rata nasional. Meski demikian KPU Sumbawa terus mendorong partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya. Salah satunya dengan menggelar sosialisasi Pendidikan Pemilu dan Demokrasi. Setelah menyasar pemilih di wilayah pesisir dan kepulauan, para komisioner KPU Sumbawa menyambangi pemilih di daerah pegunungan. Seperti yang dilakukan, Sabtu (1/10) kemarin. KPU Sumbawa mendatangi pemilih dan komunitas petani kopi di Desa Batu Dulang Kecamatan Batu Lanteh. Kehadiran para komisioner didampingi Sekretaris KPU, Lahmuddin SE ini disambut antusias masyarakat setempat termasuk pejabat yang mewakili Camat Batu Lanteh, Sekretaris Desa (Sekdes), PPK, PPS dan tokoh masyarakat.

Ketua KPU Sumbawa, Syukri Rahmat S.Ag mengawali arahannya memuji partisipasi pemilih di Desa Batu Lanteh pada pemilu legislative dan Pilkada kemarin yang mencapai 80 persen dan terbilang cukup tinggi dibandingkan desa lainnya termasuk wilayah kepulauan dan pesisir. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Batu Dulang memahami bahwa pemilu menjadi bagian terpenting dalam membentuk pemerintahan yang demokratis dan diharapkan mampu meningkatkan taraf hidup mereka sebagai komunitas pinggiran. “Kami salut dan angkat jempol karena partisipasi pemilih di sini cukup tinggi. Kami datang ke sini untuk menjaga, dan mempertahankannya, bila perlu dapat ditingkatkan menjadi 100 persen,” kata Syukri Rahmat.

salah seorang peserta sosialisasi mengajukan pertanyaan terkait partisipasi pemilih
salah seorang peserta sosialisasi mengajukan pertanyaan terkait partisipasi pemilih

Meski demikian Syukri—akrab komisioner santun ini berharap partisipasi pemilih ini tidak hanya terjaga secara kuantitas tapi mampu menghasilkan pemilu yang berkualitas. Bukti dari kualitasnya pemilu ini ditandai dengan tingginya partisipasi pemilih, tidak ada intimidasi, kecurangan dan menipulasi karena masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya secara merdeka, serta tidak terjadi money politic. Selain itu, pemilu yang bebas hukum dan tidak ada gugatan dari pihak manapun. Untuk mewujudkannya menjadi tanggung jawab bersama dalam rangka menghasilkan pemilu dengan produk yang sehat, berkualitas dan berintegritas. “Beberapa di antaranya sudah dibuktikan masyarakat Batu Dulang Kecamatan Batu Lanteh ini,” tandasnya.

Baca Juga  DPRD NTB Sahkan Dua Perda Prakarsa Eksekutif

Sementara Ketua Divisi Tekhnis Penyelenggaraan Pemilu KPU Sumbawa, Sudirman S.Ip mengatakan, tingginya partisipasi pemilih secara umum pada pemilu legislative dan Pilkada di Kabupaten Sumbawa bukan karena penyelenggaranya yang hebat, tapi karena tingkat pendidikan politik masyarakat di akar rumput. Masyarakat khususnya di Batu Dulang sepertinya sudah memahami bahwa Pemilu merupakan proses pendidikan politik yang memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya tanpa pengaruh dan tekanan dari pihak manapun. Karena itu tingkat partisipasi pemilih di Batu Dulang cukup tinggi. Semakin tinggi partisipasi pemilih, maka secara tidak langsung tingkat legitimasi dan kepercayaan terhadap penyenggara pemilu semakin baik. “Kami salut meski di daerah pegunungan, tapi kesadaran masyarakat di Desa Batu Dulang untuk menggunakan hak pilihnya sangat tinggi dan pelaksanaan pemilu tidak menemui masalah apalagi sampai adanya gugatan hukum,” ucap Sudirman.

Hal senada dikatakan Aryati S.Pd.I—Ketua Divisi Partisipasi Masyarakat dan Pengembangan SDM. Menurutnya tingkat partisipasi pemilih di Desa Batu Dulang sudah tidak diragukan lagi karena telah terbukti. Untuk itu sebagai bentuk apresiasi, pihaknya ingin menjadikan komunitas petani kopi di Desa Batu Dulang menjadi pilot project komunitas pemilu di Kabupaten Sumbawa.

Sebelumnya diakui Aryati, pihaknya sudah pernah datang ke Batu Dulang saat tahapan pemilu untuk mensosialisasikan dan mendorong kuantitas partisipasi pemilih dan membuahkan hasil dengan capaian 80 persen masyarakat menggunakan hak pilihnya. Kini KPU datang di saat tidak ada tahapan Pemilu dalam rangka mendorong tingkat kualitas pemilu. Ia ingin masyarakat Batu Dulang dapat menjadi pemilih yang cerdas dan kritis yang bisa menentukan arah kebijakan pembangunan di desa setempat.

Baca Juga  Anggota DPRD Desak Tuntaskan Pembangunan Masjid “Dana Aspirasi”

Menjadi pemilih cerdas dan kritis sambung Dr. Hj. Yuyun Nurul Azmi—Ketua Divisi Hukum, harus bisa diwujudkan dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Batu Dulang. Dengan sumberdaya alam yang dimiliki Batu Dulang seharusnya masyarakatnya sejahtera. “Itulah pentingnya menjadi pemilih yang cerdas dan kritis agar terjadi perubahan yang lebih baik di Desa Batu Dulang,” ujar Doktor Yuyun—sapaan akrab komisioner awet muda ini.

Sekretaris KPU Sumbawa, Lahmuddin SE saat memberikan penjelasan mengenai logistic pemilu
Sekretaris KPU Sumbawa, Lahmuddin SE saat memberikan penjelasan mengenai logistic pemilu

Sementara itu Nurkholis S.AP selaku Ketua Divisi Organisasi, Logistik dan Keuangan KPU Sumbawa, mengaku bangga dengan masyarakat Kecamatan Batu Lanteh terutama di Desa Batu Dulang. Antusiasme masyarakat di wilayah pengunungan ini dalam menyambut pesta demokrasi sangat luar biasa yang dibuktikan dengan capaian tingkat partisipasi pemilih yang mencapai 80 persen. Kenyataan itu sebanding dengan upaya KPU yang bersusah payah mendistribusikan logistic dengan menempuh perjalanan yang cukup jauh dan medan yang sulit. “Suksesnya dalam mengelola logistic adalah sampainya logistic tersebut sebelum hari pencoblosan. Jika tidak, kami bisa digugat,” timpal Sekretaris KPU Sumbawa, Lahmuddin “Judas” SE.

Sejauh ini tidak ada gugatan ataupun proses hukum yang terjadi terkait dengan pelaksanaan Pileg dan Pilkada di Kabupaten Sumbawa. Sebagai penyelenggara pemilu, lanjut Judas—akrab Ia disapa, pihaknya terus berupaya menghasilkan proses dan hasil penyelenggaraan pemilihan umum yang tidak hanya demokratis tetapi betul-betul berintegritas. Integritas penyelenggaraan pada semua tahapan Pemilu menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh penyelenggara Pemilu. Sebab lembaga ini memiliki peran dan tanggungjawab strategis sekaligus menjadi harapan rakyat untuk menghasilkan pemimpin-pemimpin bangsa yang memiliki integritas moral yang baik. (JEN/SR/*)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.