Pawai Budaya Festival Moyo Bukti Kekayaan Budaya Sumbawa

oleh -82 views
Wakil Bupati Drs H Mahmud Abdullah melepas peserta Pawai Budaya

SUMBAWA BESAR, SR (30/09/2016)

Meriah dan menarik. Itulah pemandangan yang tersaji pada Pawai Budaya dalam rangka Festival Moyo 2016, Jumat (30/9) sore tadi. Pawai Budaya di hari ketiga ini dilakoni kalangan umum terdiri dari SKPD, lintas etnis, perguruan tinggi dan lainnya. Sebelumnya Pawai Budaya diikuti para pelajar dari SD, SMP dan SMA. Sebagian besar yang ditampilkan dalam Pawai Budaya ini adalah prosesi perkawinan adat Sumbawa mulai dari Bajajak (silaturrahim keluarga antar kedua belah pihak), Tama Bakatoan (melamar), Saputes Leng (keputusan akhir), Bada Pangantan (Memberitahukan mempelai perempuan bahwa dia akan dinikahkan) yang diiringi dengan baguntung dan bagenang. Basamula (proses mengawali pekerjaan atau hajatan), berlanjut ke Nyorong (pihak laki-laki membawa hantaran berupa apayang telah disepakati kedua belah pihak yang dilaksanakan secara meriah dengan iringan ratib rabana ode, bagenang dan lainnya. Lalu Satokal Ai (memandikan mempelai), Bagenang (memukul gendang—alat music yang dibuat dari kulit hewan. Kemudian Barodak (luluran) yang dilakukan ina pangantan (orang yang dipercaya untuk menanggung jawab prosesi itu sampai akhir) hingga prosesi Badait (menghilangkan bulu-bulu halus dari tubuh mempelai sebagai tanda mempelai akan mengakhiri masa lajangnya). Akad Nikah (prosesi sacral dalam menuju kehidupan baru) dan terakhir Resepsi—kedua mempelai bersanding di pelaminan bak raja dan ratu.

Peserta dari BKBPP
Peserta dari BKBPP
Peserta dari DPKH Sumbawa
Peserta dari DPKH Sumbawa

Selain proses perkawinan adat Sumbawa, adat lainnya juga ditampilkan oleh lintas etnis. Seperti Rukun Keluarga Jawa yang salah satunya menampilkan Reog, Rukun Keluarga Tionghoa dengan barongsainya, Rukun Keluarga Bali, Sulawesi, Sasak dan terakhir NTT dengan tarian Flobamoranya yang membuat para penonton di sepanjang jalan protocol ikut larut dan berjoget. Sedangkan beberapa SKPD menampilkan keunggulan programnya, misalnya Dinas Pertanian memperlihatkan hasil produksi petani, Dinas Peternakan dengan program ternaknya yang berhasil, BKBPP dengan program Keluarga Berencana yang sukses, serta BPMPD dengan program bedah rumahnya yang tuntas.

Baca Juga  Tahun Ini, Pemda KSB Kembali Bangun Tiga Gedung Perkantoran
Flobamora NTT
Flobamora NTT

Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah saat melepas para peserta, mengapresiasi partisipasi masyarakat yang ikut memeriahkan Pawai Budaya tersebut. Ia berharap melalui kegiatan itu masyarakat tidak hanya mengetahui budaya Sumbawa tapi juga budaya daerah lain. Selain itu Pawai Budaya ini juga sebagai bukti bahwa masyarakat dari berbagai suku yang tinggal di Kabupaten Sumbawa dapat hidup rukun dan damai. Dengan adat dan budaya yang beragam diharapkan dapat saling mengisi, menghargai dan menghormati. (JEN/SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.