PTUN Mataram Putuskan Tunda Pelantikan Kades Ledang

oleh -8 views

SUMBAWA BESAR, SR (28/09/2016)

Majelis Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Mataram memerintahkan Bupati Sumbawa selaku tergugat untuk menunda pelantikan Kepala Desa Ledang, Kecamatan Lenangguar. Perintah pelaksanaan keputusan Bupati Sumbawa No. 916 Tahun 2016 tentang Pemberhentian Penjabat Kepala Desa dan Pengesahan Pengangkatan Kepala Desa Ledang Kecamatan Lenangguar masa jabatan 2016—2022 ini diputuskan Firdaus Muslim SH (ketua), Febby Fajrurrahman SH dan Septia Putri Riko SH M.Kn (hakim anggota) serta Panitera Pengganti Rudi Irawan SH. Majelis hakim mengabulkan gugatan penggugat Muhammad Tayeb melalui tim kuasa hukumnya, Dr. Umaiyah SH MH, M Yuliadi SH, Siti Rachmin SH, dan Nurrahman Luki Wibowo SH.

Dalam putusan itu juga menyatakan penetapan ini tetap sah dan berlaku sampai dengan adanya putusan atau penetapan lain yang mencabutnya. Hakim juga memerintahkan kepada Panitera pengganti PTUN Mataram untuk segera menyampaikan salinan penetapan tersebut kepada tergugat atau kuasanya untuk dilaksanakan sebagai mestinya.

Salah seorang kuasa hukum Tergugat (Bupati Sumbawa), Burhan SH MH gagal dikonfirmasi tadi malam. Meski handphonenya aktif namun tidak diangkat. Informasi yang diperoleh SAMAWAREA, putusan majelis hakim PTUN ini bukan putusan final, melainkan putusan sela. Sidang pun baru digelar dan Rabu (28/9) tadi, penggugat baru mengikuti sidang perdana. Putusan sela itu ditetapkan majelis hakim sebelum memasuki pokok perkara persidangan.

Sidang gugatan keputusan Bupati Sumbawa No. 916 Tahun 2016 tentang Pemberhentian Penjabat Kepala Desa dan Pengesahan Pengangkatan Kepala Desa Ledang Kecamatan Lenangguar masa jabatan 2016—2022 ini, akan berlangsung lama. Biasanya gugatan PTUN berlangsung selama 12 kali sidang. Artinya 12 minggu itupun jika berlangsung normal dan tidak menemui kendala. Dengan alotnya persidangan ini dapat dipastikan pelantikan Kades Ledang bakal molor dalam waktu yang cukup lama.

Baca Juga  Kapolsek Moyo Hilir Jadi Saksi di Pengadilan

Sementara itu Kabag Hukum Setda Sumbawa, I Ketut Sumadiartha SH mengatakan, proses penerbitan keputusan Bupati Sumbawa tentang Pemberhentian Penjabat Kepala Desa dan Pengesahan Pengangkatan Kepala Desa Ledang Kecamatan Lenangguar masa jabatan 2016—2022, sudah sesuai prosedur. Pasalnya sebelum SK itu diterbitkan, pihaknya sudah menerima berita acara Pilkades yang disampaikan kepada Bupati melalui Camat. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD